Kembalikan Kejayaan Medan, Bobby Mulai dari Kesawan City Walk

POLKAM  SELASA, 06 APRIL 2021 | 20:10 WIB

Kembalikan Kejayaan Medan, Bobby Mulai dari Kesawan City Walk

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM ingin mengembalikan kejayaan Kota Medan. Untuk itu dia mulai revitalisasi kawasan kota lama Kesawan, yang diberi nama Kesawan City Walk.

 Bobby meluncurkan Kesawan City Walk guna mewujudkan The Kitchen of Asia, program yang didukung berbagai pihak dan para pemangku kepentingan di Medan, Sumatera Utara.

Salah satu dukungan diberikan budayawan sekaligus akademisi Irwansyah Harahap, di mana ia menilai apa yang dilakukan Wali Kota Bobby ini sudah berada di jalur yang tepat.

"Saya menilai gagasan Wali Kota melaunching Kesawan City Walk merupakan langkah yang sangat baik," katanya, Selasa (6/4/2021).

Ia mengatakan, revitalisasi cagar budaya juga akan menampilkan identitas kota. Sebab Kota Medan terkenal dengan keberagaman, dan itu juga yang harus ditonjolkan di Kesawan City Walk.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kesawan City Walk merupakan bagian program mengembalikan kejayaan Kota Medan dengan jargon Medan sebagai The Kitchen of Asia. Ini merupakan awal rencana Bobby mengembalikan Medan menjadi Paris Van Sumatera.

Menantu Presiden Joko Widodo ini telah mengistruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Medan, untuk terus melakukan penataan. Tujuannya, kawasan yang akan dijadikan  The Kitchen of Asia itu semakin lebih menarik.

"Kita mulai saja dulu. Sebab yang susah itu biasanya memulai. Setelah kita mulai akan kita perbaiki sambil berjalan," tegas Bobby.

Sementara itu, Irwansyah Harahap yag merupakan dosen di Universitas Sumatera Utara (USU) sekaligus seniman internasional, mengatakan bahwa keinginan Bobby mewujudkan Kesawan City Walk jadi objek wisata kuliner adalah gebrakan besar untuk Kota Medan

"Saya menilai gagasan Wali Kota dengan me-launching Kesawan City Walk itu merupakan langkah yang sangat baik. Disana Wali Kota juga megutamakan kenyamanan masyarakat di ruang publik," kata Irwansyah dalam keterangan tertulisnya yang diterima hari ini.

"Kenyamanan masyarakat di ruang publik harus dijamin. Tempat parkir harus tersedia. Jika itu bisa dimanajemen dengan baik, ruang publik yang digagas Wali Kota tentunya akan menjadi lebih baik lagi," kata dia.

Revitalisasi cagar budaya, ungkap Irwansyah juga akan menampilkan identitas kota. "Medan terkenal dengan keberagaman, itu juga yang harus ditonjolkan di Kesawan City Walk," lanjutnya.

Tak heran, kata Irwansyah, jika Wali Kota saat melaunching Kesawan City Walk lalu memfokuskannya di depan Rumah Tjong A Fie. Sebab, Tjong A Fie adalah sosok tersohor di masanya sebagai contoh persatuan dalam keberagaman yang ada saat itu.[ros]


Komentar Pembaca