Raja dan Putra Mahkota Arab Saudi Nyatakan Dukungan Pada Raja Yordania Abdullah II

Kabar Tanah Suci  SENIN, 05 APRIL 2021 | 17:50 WIB

Raja dan Putra Mahkota Arab Saudi Nyatakan Dukungan Pada Raja Yordania Abdullah II

foto/net

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, menelpon Raja Yordania, Abdullah II, dan menegaskan tentang solidaritas antara Arab Saudi dengan Yordania, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pada Minggu (4/4).

Selama berbicara di telepon tersebut, Raja Salman mengatakan, bahwa Arab Saudi mendukung penuh semua tindakan yang diambil oleh Raja (Abdullah II) untuk menjaga keamanan Yordania dan menjaga stabilitasnya.

Raja Salman juga berharap, Yordania, di bawah kepemimpinan Raja Abdullah, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran bisa tercipta.

Sementara itu, Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) juga menelpon Raja Yordania, Abdullah II dan juga menelpon Putra Mahkota Yordania, Pangeran Hussein bin Abdullah II.

Seperti dilansir dari ArabNews, bahwa maksud dan tujuan dari kedua pemimpin Arab Saudi (Raja Salman dan Putra Mahkota MBS) menelpon Raja dan Putra Mahkota Yordania, tak lain setelah tersebarnya berita tentang penangkapan terhadap mantan Putra Mahkota, Hamza Bin Hussein, yang dilakukan pada Sabtu (3/4) di Amman, menyusul apa yang oleh Wakil Perdana Menteri Yordania, Ayman Safadi disebut sebagai "rencana jahat" yang akan mengguncang negara.

Safadi mengatakan pada Minggu (4/4), bahwa mantan Putra Mahkota Yordania, yaitu Pangeran Hamza bin Hussein dianggap telah berhubungan dengan pihak asing, yang akan mengguncang kestabilan negara. 

Raja Abdullah pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Raja Salman dan Putra Mahkota MBS atas dukungan mereka, dan atas sikap Arab Saudi yang membela Yordania dalam segala keadaan dan krisis.

Pangeran Hussein juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang dalam kepada Putra Mahkota MBS atas dukungan dari kepemimpinan Saudi, dan mengatakan, bahwa dia menghargai sikap Kerajaan Arab Saudi yang selalu berdiri di samping Yordania, dan dukungannya untuk keamanan dan stabilitas Yordania.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan juga menegaskan, bahwa pendirian Arab Saudi dan Raja Salman, serta dukungan tak terbatas Putra Mahkota MBS untuk segala sesuatu yang memperkuat hubungan persaudaraan yang mengakar, antara kedua negara yang melayani kepentingan bersama mereka.

Dia mengatakan, bahwa dukungan Arab Saudi untuk Yordania bersifat permanen dan konstan dalam semua krisis dan keadaan dan dalam berbagai bidang politik, keamanan, ekonomi, dan pembangunan.

Dia memuji "kepemimpinan Raja Abdullah yang melekat pada proses ekonomi dan kebangkitan pembangunan yang komprehensif di Yordania, dan untuk kebaikan dan kesejahteraan rakyat Yordania," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

Pangeran Faisal menambahkan, stabilitas dan kemakmuran Yordania sangat penting untuk stabilitas dan kemakmuran kawasan Arab.

Panggilan telepon dari Raja Salman dan Putra Mahkota, Mohammed bin Salman menegaskan kembali tentang posisi dukungan yang dinyatakan oleh Arab Saudi, terkait penangkapan (mantan Putra Mahkota, Hamza bin Hssein) pada Sabtu (3/4) lalu.

"Kerajaan Arab Saudi tegas mendukung penuh apapun keputusan dan tindakan yang diambil oleh Raja Abdullah dan Yang Mulia Pangeran Al Hussein bin Abdullah II, Putra Mahkota, untuk menjaga keamanan dan stabilitas Yordania," bunyi pernyataan dari istana Kerajaan Arab Saudi. [mt]


Komentar Pembaca