Dua Kapal Tabrakan, 17 ABK Hilang

Nasional  MINGGU, 04 APRIL 2021 | 10:10 WIB

 Dua Kapal Tabrakan, 17 ABK Hilang

Sebanyak 17 anak buah kapal (ABK) masih dinyatakan hilang dan tengah dalam pencarian di Perairan Indramayu, Jawa Barat. Mereka adalah para ABK MV Barokah Jaya yang menabrak Kapal MB Habco Pioneer kemarin petang, Sabtu (3/4/2021) pada pukul 16.45 WIB.

Humas Kantor SAR Bandung Seni Wulandari memberikan penjelasan kepada media melalui keterangan tertulisnya, Minggu (4/4/2021), di mana ia menyebutkan nasib ke-17 ABK tersebut hingga pagi ini belum diketahui setelah kecelakaan yang menyebabkan MV Barokah JAya terbalik.

Disebutkan dia, insiden tabrakan terjadi sekitar 60 mil laut utara perairan Indramayu. Akibat tabrakan KM Barokah Jaya yang dikabarkan memiliki 32 ABK itu terbalik. Proses pencarian ABK masih berlangsung. Ada 17 ABK yang belum ditemukan sampai saat ini.

Menurutnya, Tim SAR menurunkan KN SAR Wisnu, KM Baru Rugem dan RIB 09 Bandung, selain itu SAR gabungan juga akan melakukan penyelaman dari tim penyelam Basarnas Special Group (BSG).

"Jika korban ditemukan selanjutnya korban akan dievakuasi menggunakan KN SAR Wisnu. Hingga saat ini 17 orang masih dalam pencarian Tim SAR Gabungan," ujar katanya.

Sebanyak 15 korban selamat yang sudah dievakuasi oleh MV Habcoo pioneer telah dipindahkan ke KN SAR Wisnu Jakarta.

"Unsur SAR terlibat yaitu Kansar Bandung, Kansar Jakarta, Lanal Cirebon, UPP Indramayu, Satpolair Polres Cirebon dan HNSI Indramayu. Alut yang digunakan yaitu KN SAR Wisnu, RIB 09 Bandung, KM Baru Ragem, Truck personil 1 unit, Rescue car doble cabin 1 unit dan Rescue carrier 1 unit," katanya.[ros]


Komentar Pembaca