Dulu Dilarang, Kini Nonton di Bioskop Digalakkan

NASIONAL  SABTU, 20 MARET 2021 | 13:10 WIB

Dulu Dilarang, Kini Nonton di Bioskop Digalakkan

Setahun lalu, Pemerintah memerintahkan gedung-gedung bioskop ditutup. Tapi kini situasi sudah berubah. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta pelaku industri perfilman bangkit dan menggencarkan kampanye menonton di bioskop secara aman.

Menurut dia, Pemerintah pasti mendukung penuh upaya kampanye menonton di bioskop dengan aman, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Saya berharap bioskop-bioskop bisa lebih gencar menggaungkan bahwa menonton di bioskop akan tetap aman dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kalau stigma itu bisa sampai ke publik, mereka akan kembali berani menonton di bioskop. Penuhi persyaratan itu, nanti akan kami dorong,” katanya saat menerima audiensi insan perfilman di Jakarta, Sabtu (20/3/2021).

Menurut Airlangga, dirinya telah menerima usulan dari pelaku industri perfilman yang sebelumnya telah disampaikan kepada Presiden Jokowi.

“Bapak Presiden secara langsung telah memberi arahan kepada saya, khusus untuk industri perfilman, pekerja film dan pekerja budaya. Maka dari itu kehadiran ini sangat penting. Saya juga sudah menerima usulan-usulan yang telah disampaikan teman-teman kepada Bapak Presiden,” tambahnya.

Para insan perfilman menyampaikan bahwa 90 persen pemasukan industri perfilman berasal dari bioskop yang merupakan hilir dari industri ini dan pemutaran film melalui digital platform atau streaming belum bisa memenuhi kebutuhan produksi film.

Selain itu, ramainya bioskop memiliki efek sampai kepada pekerja film sehingga kampanye menonton film di bioskop perlu digaungkan.

Para pelaku industri perfilman juga menyampaikan usulan stimulus pengalokasian dana pemulihan ekonomi nasional demi mendukung industri perfilman Indonesia.

Menanggapi masukan dari para pelaku industri perfilman, Airlangga mengakui bahwa antusiasme masyarakat untuk kembali menonton di bioskop memang belum pulih seperti dulu kendati pemerintah telah mengizinkan bioskop untuk dibuka kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.[ros]


Komentar Pembaca