WASPADA 12 Gunung Siap Erupsi dan Timbulkan Tsunami

Nasional  KAMIS, 04 MARET 2021 | 19:10 WIB

 WASPADA 12 Gunung Siap Erupsi dan Timbulkan Tsunami

Sebanyak 12 gunung api di Indonesia berpotensi erupsi dan menimbulkan bencana tsunami. Gunung-gunung tersebut berada di darat dan di laut.

Demikian dikemukakan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Eko Budi Lelono dalam Rakornas Penanggulangan Bencana di Jakarta, Kamis (4/3/2021).


"Kami telah inventarisasi setidaknya enam gunung api di darat yang berpotensi besar menimbulkan tsunami. Mereka adalah Gunung Krakatau, Tambora, Rokatenda, Ili Werung, Ruang,  dan Gunung Gamkonora," kata Eko.

Sementara enam gunung api lainnya berada di laut . Yang berptensi menimbulkan tsunami adalah Gunung Hobal, Banua Wuhu, Yersey, Emperor Of China, Nieuwerkerk, dan Gunung Sangir.

"Tapi sebetulnya yang paling berpotensi menimbulkan tsunami ini ada dua yaitu Gunung Hobal dan Gunung Banua Wuhu," tandas dia.

Menurut Eko,  Indonesia kerap dilanda tsunami karena letusan gunung api. Tsunami bisa terjadi akibat erupsi gunung api yang besar seperti yang terjadi pada Gunung Tambora tahun 1815.

Selain erupsi, longsoran tubuh gunung api aktif juga bisa menimbulkan tsunami seperti yang terjadi pada Gunung Anak Krakatau tahun 2018. Kombinasi erupsi dan longsoran tubuh gunung api juga bisa memicu tsunami.

Salah satu tsunami yang ditimbulkan akibat erupsi dan longsoran Gunung Anak Krakatau pada 1883.

"Kemudian erupsi gunung api bawah laut yang dangkal juga bisa menimbulkan tsunami seperti Gunung Hobal pada 1973 dan 1983. Maupun longsoran di tubuh gunung yang tidak aktif seperti Ile Werung pada 1979," tutup Eko.[ros]


Komentar Pembaca