Sejarah dan Perayaan Isra Miraj

Kajian  SELASA, 02 MARET 2021 | 10:45 WIB

Sejarah dan Perayaan Isra Miraj

ilustrasi

Tanggal 11 Maret 2021 mendatang, umat beragama Islam di seluruh dunia akan merayaka Isra Miraj.

Momen malam perayaan Isra Miraj sendiri biasanya akan dilakukan satu hari sebelumnya, mengacu pada kisah Nabi Muhammad SAW ketika mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam kepercayaan agama Islam.

Sejarah Isra Miraj

Sejarah dari hari raya ini sendiri sebenarnya penuh makna mendalam. Dikisahkan Isra Miraj dimulai dengan perjalanan Nabi Muhammad SAW mengunjungi beberapa tempat yang telah diperintahkan oleh malaikat Jibril.

Berawal dari Masjidil Haram di Mekah, hingga Masjid al-Aqsa di Yerusalem. Tempat yang dilalui dalam perjalanan sang Nabi adalah Madinah, Gunung Sinai, Betlehem, dan makam Nabi Musa.

Perjalanan tersebut berakhir di Masjid al-Aqsa, dan ditutup dengan pelaksanaan shalat malam sebelum akhirnya Nabi Muhammad SAW dibawa serta naik ke langit ketujuh yang juga disebut Miraj. Di sana, dikisahkan pertemuan Nabi dengan Sang Pencipta, kemudian disampaikan perintah agar umat manusia melaksanakan ibadah shalat lima waktu.

Perayaan Isra Miraj Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, dalam rangka memperingati Isra Miraj, banyak tradisi berbeda dilakukan di berbagai daerah. Kebanyakan daerah merayakan hari raya ini dengan melakukan shalat malam bersama di masjid besar daerah, dan dilengkapi dengan ceramah atau khotbah mengenai kisah perjalanan sang Nabi.

Meski sempat terjadi kontroversi atas hukum pelaksanaan dan perayaan Isra Miraj, namun belakangan atas himbauan dari seorang ustadz yang cukup terkenal, perayaan hari raya ini mendapatkan legitimasi. Pada akhirnya, segala sesuatu yang diniatkan untuk tujuan baik akan menemukan jalan yang baik pula jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Mengetahui kapan Isra Miraj 2021 akan jatuh tentu penting untuk umat Muslim di Indonesia. Tujuannya sederhana, agar umat dapat mempersiapkan diri dan menyambutnya dengan penuh kekhidmatan.

Perjalanan Nabi Muhammad SAW ini sendiri juga dianggap sebagai satu hal yang menjadi wujud keajaiban dan kuasa Sang Pencipta, setelah turunnya kitab suci Al-Qur’an. [irm]


Komentar Pembaca
Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Kamis, 15 April 2021 | 19:05

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Kamis, 15 April 2021 | 13:50