Pemerintah Inggris Rencanakan Pemberian Vaksin Malam Hari Saat Bulan Ramadhan

Internasional  SABTU, 27 FEBRUARI 2021 | 14:00 WIB

Pemerintah Inggris Rencanakan Pemberian Vaksin Malam Hari Saat Bulan Ramadhan

foto/net

Pemberian vaksin di malam hari saat ini tengah direncanakan oleh pemerintah Inggris selama bulan Ramadhan nanti, menyusul laporan bahwa komunitas Asia di Inggris memiliki tingkat kematian tertinggi selama gelombang kedua COVID-19.

Seperti dilansir dari ArabNews, pemerintah Inggris berharap dapat mengurangi potensi penurunan kasus Covid-19 dengan adanya vaksinasi tersebut untuk umat Islam selama bulan suci, lapor Daily Telegraph.


Bulan suci Ramadhan tahun 2021 ini akan dimulai pada 12 April 2021, dan ini merupakan waktu yang kritis dalam peluncuran vaksin Inggris dan hanya tiga hari sebelum tanggal yang direncanakan pemerintah Inggris untuk memberikan suntikan vaksin kepada lebih dari 50 ribuan orang.


Kekhawatiran tentang dampak bulan Ramadhan pada suntikan vaksin diperparah oleh laporan pemerintah bahwa orang Asia Inggris, banyak di antaranya adalah Muslim, adalah demografi dengan tingkat kematian COVID-19 tertinggi per 100.000 orang di gelombang kedua di Inggris.


"Sebagian besar dari perbedaan yang berlanjut untuk populasi Asia Selatan ini dapat dijelaskan dari faktor geografis, sosial ekonomi dan kesehatan," tulis laporan itu.


Kawsar Zaman, pendiri Kampanye untuk menerima Vaksin COVID-19 bagi umat Muslim, mengatakan kepada Arab News, bahwa dia menyambut baik pendekatan "proaktif" pemerintah dalam menjangkau dan memvaksinasi komunitas Muslim Inggris.

"Saya pikir rencananya sangat bagus. Apa pun yang dapat kami lakukan untuk mempromosikan vaksinasi ini, terutama dalam komunitas, di mana kami merasa sulit untuk mendorong orang agar mau menerima vaksin, adalah hal yang positif," katanya.

"Khususnya selama bulan suci Ramadhan, di mana sembilan dari 10 orang terjaga (tidak tidur) hingga larut malam dan dini hari, apa pun yang membuat menerima suntikan lebih mudah adalah kabar baik," tambahnya.

Kawsar juga memuji upaya pemerintah untuk menjangkau, dan berkonsultasi dengan komunitas Muslim Inggris di semua peluncuran vaksin terkemuka dunia di negara itu.

"Yang cukup unik tentang program vaksin ini adalah mereka bersikap proaktif tentangnya, serta berkonsultasi dengan banyak orang di banyak komunitas, termasuk komunitas Muslim, yang tidak selalu demikian," katanya.

Kawsar memuji Nadhim Zahawi, yang bertanggung jawab atas peluncuran vaksin Inggris, mengatakan bahwa dia telah melakukan banyak pekerjaan yang sangat baik dan telah sangat terbuka dalam bertemu dengan masyarakat. 

"Yang hebat di sini adalah mereka mendengarkan dulu, lalu berakting," tutup Kawsar. [mt]


Komentar Pembaca