Bongkar Minyak Ilegal di Pemulutan Picu Kebakaran Besar

Daerah  JUMAT, 26 FEBRUARI 2021 | 07:10 WIB

Bongkar Minyak Ilegal di Pemulutan Picu Kebakaran Besar

Saksi mata memperlihatkan genset/infosumsel

Telah terjadi kebakaran di Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Ibul Besar II, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (25/2/2021) pukul 19:00 WIB. Kebakaran diduga dipicu bongkar muat minyak itu menghanguskan 6 rumah,3 unit mobil dan 2 motor.

Perlu waktu 90 menit lebih untuk memadamkan api yang  berkobar tersebut. Padahal 6 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Palembang dan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, sudah dikerahkan.

Informasi di lapangan menyebutkan, api berasal dari pembongkaran minyak dari atas mobil grand max ke dalam drum, yang berada tepat di samping jembatan kecil. Bongkar muat minyak ini  menggunakan mesin genset milik salah satu warga setempat.

Saksi mata yang pertama kali melihat kobaran api adalah Fikri Juanda (18), warga yang tinggal di kawasan dekat lokasi kejadian. Menurutnya, api bermula saat pemilik mobil gran max tersebut sedang membongkar minyak dari atas mobil dipindahkan ke dalam penampungan tempat mengumpulkan minyak.

Pada saat awal mula kejadian, kata Fikri,  dirinya tengah duduk di pondok. Tidak lama berselang terdengar letupan yang diduga berasal dari genset untuk menyedot minyak tersebut.

"Setelah terdengar letupan, tiba-tiba api sudah mulai besar nyambar mobil dan 2 unit motor dekat tempat asal pertama api," tuturnya tadi malam seperti dikutip dari infosumsel.ID, Jumat (26/2/2021).

Desi (54) yang rumahnya habis terbakar menerangkan, diduga api berasal dari tempat bongkar muat minyak ilegal.

"Saya kira kebakaran tersebut berasal dari tempat bongkar muat minyak ilegal yang meledak, dulu juga pernah begitu sekali dan kini terulang lagi." ucapnya.

Desi mengaku, dirinya beserta keluarga begitu kebakaran langsung lari menyelamatkan diri. Meski sempat panik karena sewaktu kebakaran listrik juga padam.

"Kami langsung lari, mana mati lampu, jadi panik takut campur aduk jadi satu. Intinya kami minta ganti rugi atas kebakaran rumah kami ini," ucapnya.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo menuturkan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa terjadi kebakaran di wilayah hukum Polres Ogan Ilir.

"Untuk saat ini kita masih melakukan olah TKP, menurut informasi masyarakat kebakaran diduga berasal dari tangki minyak yang meledak hingga menyambar rumah warga yang berada di lokasi kejadian. Atas musibah ini ada korban yang mengalami luka bakar dan sudah dilarikan ke RS Bari Palembang serta 3 unit mobil dan dua unit motor yang ikut terbakar," ucap Yusantiyo saat dikonfirmasi melalui telepon tadi malam.[ros]


Komentar Pembaca
Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Kamis, 15 April 2021 | 19:05

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Kamis, 15 April 2021 | 13:50