Insha Allah, Bupati dan Wabup Kepulauan Meranti Terpilih akan Dilantik Besok

Daerah  KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 | 13:14 WIB

Insha Allah, Bupati dan Wabup Kepulauan Meranti Terpilih akan Dilantik Besok

Plh Bupati Meranti, Dr Kamsol MM/net

Besok (Jumat, 26/2/21), Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Meranti terpilih, H Muhammad Adil SH dan AKBP (Purn) H Asmar, insha Allah dilantik. Kegiatan pelantikan akan berlangsung di Balai Serindit, Pekanbaru, Riau sekitar pukul 09.00 WIB.

"Pelantikan bisa disaksikan melalui platform media yang akan diinformasikan nantinya. Namun yang pasti prosesi pelantikan pasti bisa disaksikan," kata Plh Bupati Kepulauan Meranti, Dr Kamsol MM, Kamis (25/2/21).
 
Jumlah undangan yang hadir saat pelantikan, lanjutnya akan dibatasi, mengingat pelantikan dilaksanakan di tengah pandemi virus Corona atau Covid 19.

Lebih lanjut Kamsol mengungkapkan, sebelumnya tempat pelantikan direncanakan dilakukan di Kepulauan Meranti. Hanya saja gubernur Riau mengajukan usulan agar pelantikan dilakukan di Pekanbaru bersama dengan 2 kabupaten lainnya.

Sedangkan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengusulkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti terpilih Adil-Asmar pada 26 Februari 2021 mendatang.

Usulan itu terungkap dalam hasil rapat paripurna DPRD Kepulauan Meranti dengan agenda 'Pengumuman Penetapan dan Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pilkada Meranti 2020', bertempat di Balai Sidang DPRD Kepulauan Meranti, Senin (22/2/21).

Sedangkan KPU Kepulauan Meranti dalam rapat pleno yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Grand Meranti, Sabtu (19/2/2021) lalu,  telah memutuskan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Meranti, H Muhammad Adil-H Asmar sebagai pemenang Pilkada Kepulauan Meranti Tahun 2020.


Bupati dan Wabup Kepulauan Meranti terpilih, H. Muhammad
Adil SH (kiri) dan AKBP (Purn) H Asmar (kanan)
/ist.

Keputusan KPU ini diserahkan ke beberapa pihak terkait termasuk Pemkab Meranti dan DPRD Kepulauan Meranti untuk di paripurnakan dan diusulkan pelantikan kepada Mendagri melalui Gubernur Riau.

Rapat paripurna pengusulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Meranti Tahun 2020  dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Meranti, Ardiansyah. Diawali dengan membacakan Keputusan KPU Meranti yang dilanjutkan dengan persetujuan Dewan DPRD Meranti terkait usulan pelantikan kepada Mendagri melalui Gubernur Riau.

Persetujuan DPRD Meranti ditandai dengan ketuk palu oleh Ketua DPRD Meranti, Ardiansyah yang selanjutnya keputusan itu menjadi dasar pengusulan pelantikan.[fah]


Komentar Pembaca