Dokter di Tunisia Hibur dan Tingkatkan Moral Pasien Covid-19 dengan Musik Biola

Internasional  SELASA, 23 FEBRUARI 2021 | 00:05 WIB

Dokter di Tunisia Hibur dan Tingkatkan Moral Pasien Covid-19 dengan Musik Biola

foto/net

Moeslimchoice. Ketika Dr. Mohamed Salah Siala mulai bekerja di garis depan COVID-19 pada Januari 2021 di sebuah rumah sakit Tunisia, dia tidak pernah membayangkan akan memanfaatkan keterampilan musiknya dalam memerangi virus corona.

Namun ketika dokter berusia 25 tahun itu, memutuskan memamerkan keahliannya dalam memainkan alat musik biolanya di Rumah Sakit Hedi Chaker di kota Sfax, Tunisia, langsung mendapat pujian karena ternyata bisa meningkatkan moral penderita virus corona yang terisolasi dan membutuhkan senyuman (kebahagiaan).

Seperti dilansir dari ArabNews, Para pasien langsung bereaksi, ada yang tersenyum, bertepuk tangan, dan beberapa yang lain mengangkat tangannya, merayakan "konser" dadakan. Bahkan beberapa pasien terkejut saat mengetahui bahwa sang pemain biola itu ternyata seorang dokter.

"Memutar musik di sini berkontribusi pada perasaan gembira pasien dan melupakan rasa sakit," kata pasien Rachid Arous, yang baru sembuh dari COVID-19. 

Di waktu yang senggang dari pekerjaan medisnya, dr Siala bermain biola dengan antusias, yang juga merupakan anggota grup band yang disebut "Pepper Band."

"Tujuan saya menggunakan musik untuk membantu merawat pasien (virus) corona yang kondisi psikologisnya buruk, menderita kesepian yang merupakan musuh pertama mereka," kata dr Siala.

Dr Siala saat ini secara teratur (rutin) bermain biola di rumah sakit, saat dia memiliki waktu luang.

Sementara itu, pasien bisa mengandalkan dr Siala untuk membawa harapan baru dan ketabahan dengan permainan biolinnya.

"Dia bermain untuk sedikit menghibur kami hampir setiap hari. Aku berdoa kepada Tuhan untuk melindunginya, dan semoga Tuhan melindungimu dari penyakit ini," kata Brika Sdiri, sambil bertepuk tangan dan tersenyum sambil mendengarkan musik. 

"Saya berharap untuk keluar dari tempat ini dalam keadaan sehat, itulah yang saya inginkan," tambahnya. [mt]


Komentar Pembaca