Cara Mengemas dengan Ringan untuk Perjalanan Pantai 5 Hari Anda

Opini  SENIN, 22 FEBRUARI 2021 | 08:19 WIB

Cara Mengemas dengan Ringan untuk Perjalanan Pantai 5 Hari Anda

Foto ilustrasi/net

Hal yang tidak sabar untuk dilakukan setelah rutinitas sehari-hari adalah liburan. Dengan ini Anda bisa bebas mengunjungi tempat apa saja yang Anda sukai untuk menenangkan diri.

Salah satu tempat yang biasa dikunjungi saat berlibur adalah pantai. Ini karena pantai dapat memanjakan mata dan pikiran, memiliki keindahan alam yang menenangkan, dan bisa berwisata dengan harga yang terjangkau.
 
Di waktu yang singkat untuk segera ke pantai membuat Anda jadi terburu-buru dalam mengemas barang. Bila asal-asalan, Anda akan memasukan barang yang tidak penting dan isi koper pun menjadi tak karuan.
 
Untuk mengatasi hal tersebut, artikel ini akan membahas cara mengemas pakaian dengan ringan untuk perjalanan pantai selama 5 hari Anda. Beberapa di antaranya adalah:

1. Buat List Barang Terlebih Dahulu.

Pergi liburan bukan berarti harus mengambil semua barang yang ada di lemari. Banyak di antara kita yang menginginkan barang di lemari untuk dimasukan ke dalam tas, dan menyebabkan semuanya menjadi penuh.
 
Mengemas pakaian sebenarnya sangat sederhana, yakni dengan mencatat atau membuat list barang yang penting untuk dimasukan di dalam koper atau tas.
 
Ada beberapa barang yang penting untuk dibawa selain pakaian dan gadget, beberapa diantaranya seperti sunblock atau sunscreen, kantong plastik, tas anti air atau tempat minuman.
 
Sunscreen penting untuk menjaga kulit agar tidak gosong. Kantong plastik berfungsi untuk menampung pakaian yang basah, tas anti air untuk menyimpan dompet, smartphone serta kamera, dan tempat minum untuk menampung air agar tubuhmu tidak dehidrasi.
 
Catat barang-barang yang penting supaya dapat pergi ke pantai dengan mudah.

2. Pilih Pakaian yang Penting.

Pakaian adalah barang utama yang dibawa saat pergi ke pantai. Khusus untuk wanita, pakaian yang pantas untuk dibawa dapat berupa pakaian renang, kaos, hijab (bila menggunakan), jumpsuit, dress, celana atau sarung pantai. Sedangkan untuk pria, membawa kaos, celana pantai, atau kemeja sudah bisa menjadi pakaian yang penting.
 
Memilih pakaian ke pantai tidak hanya melihat berdasarkan jenis pakaian saja, namun juga melihat bagaimana warna dan coraknya agar bisa mengabadikan momen di pantai menjadi lebih aesthetic.
 
Diingatkan juga bahwa di pantai kadang melarang pakaian dengan warna tertentu. Untuk itu carilah informasi terlebih dahulu agar Anda dapat membawa pakaian yang tepat serta membawanya sesuai dengan kebutuhan.

3. Pertimbangkan ukuran Koper atau Tas yang Tepat.

Jika dirasa koper atau tas besar memberatkan Anda, cobalah untuk memilih koper ukuran kecil. Semakin kecil koper yang Anda gunakan, maka semakin mampu pula Anda membawa pakaian dan barang yang penting untuk ke pantai. Koper kecil cukup ideal untuk dibawa liburan selama 5 hari.
 
Koper kecil harus di siasati untuk bisa memasukan barang yang wajib untuk dibawa. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengenakan pakaian yang berat saat dibawa ke perjalanan. Memang tidak nyaman, namun setidaknya barang tersebut bisa Anda bawa saat berada di pantai.
 
Cara lain untuk membuat barang masuk dalam koper bisa juga dilakukan dengan mengurangi jumlah sepatu. Masukkan saja 1-2 pasang sepatu dan sandal jepit, supaya Anda lebih ringan membawanya ke pantai. Sepatu sangat memakan tempat di dalam tas atau koper, untuk itu bawalah sepatu Anda seperlunya saja.

4. Andalkan Fasilitas Hotel.

Fasilitas hotel atau tempat penginapan biasanya menyediakan berbagai perlengkapan mandi yang tidak harus Anda bawa, beberapa di antaranya seperti sampo, sabun, sikat gigi, atau bahkan handuk.
 
Bila Anda ingin mengemas dengan cepat dan ringan, serta memiliki budget untuk menginap di hotel selama 5 hari, Anda tidak perlu repot untuk membawa peralatan mandi. Gunakan saja fasilitas hotel, karena membawa peralatan mandi akan membuat Anda lebih berat saat dimasukan di dalam tas atau koper.
Penutup

Setelah mengetahui cara mengemas dengan ringan, ada hal yang harus Anda lakukan saat berlibur, yakni dengan cara mengemas barang di dalam koper.
 
Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah dengan masukan barang dan pakaian sebesar satu tumpukan koper atau tas yang akan digunakan. Setelah itu kelompokan setiap barang dan pakaian sesuai dengan jadwal pemakaian, dan taruh benda mudah pecah di tengah-tengah koper.
 
Supaya lebih terorganisir, Anda juga bisa menambahkan travel bag organizer  di dalam koper, dan terakhir pastikan memiliki kantong transparan untuk peralatan kecil. Dengan ini Anda bisa mengemas barang menjadi lebih ringan dan rapi.
 
Demikian cara mengemas dengan ringan untuk perjalanan 5 hari pakaian Anda, semoga Anda bisa terbantu untuk mengemas pakaian menjadi lebih mudah saat berada di pantai yang diinginkan.[fah]


Komentar Pembaca