Ini Sunnah dan Doa Menyikat Gigi

Islamtainment  MINGGU, 21 FEBRUARI 2021 | 22:20 WIB

Ini Sunnah dan Doa Menyikat Gigi

ilustrasi

Agar gigi terawat sehat dan juga napas kembali segar, kita dianjurkan untuk membersihkan gigi. Membersihkan gigi, atau yang disebut menyikat gigi biasa di lakukan ketika sedang mandi.

Tidak hanya itu, sebelum tidur maupun bangun tidur saat pagi hari juga bisa dilakukan. Berikut doa saat menyikat gigi beserta artinya:

Allhumma bayyidh bih asnn, wa syudda bih litstî, wa tsabbit bih laht, wa brik l fhi, y arhamar rhimn.

"Ya Allah, putihkanlah gigiku, kuatkan gusiku, teguhkan rongga kerongkonganku (faring) melalui pembersih gigi (siwak/gosok gigi). Berkahilah diriku melaluinya, wahai Zat yang maha pengasih."

Selain itu, doa ini juga memiliki kesunnahan, berikut kesunnahan sesuai dengan kitab Al Baijuri Juz 1, halaman 84-85:

Pertama, dimulai dari niat. Seorang yang menggosok gigi secara kebetulan atau menjadi rutinitasnya setiap hari, bisa tak mendapat kesunnahan ketika dijalankan tanpa niat melakukan kesunahan.

Kedua, bersiwak atau menggosok gigi menggunakan tangan kanan. Hal ini dilakukan mengikuti perilaku Rasulullah, saat menjalankan hal-hal baik menggunakan tangan kanan.

Ketiga, jari kelingking berada di bawah batang siwak atau sikat gigi. Sedangkan jari manis, jari tengah dan jari telunjuk berada di atas batang siwak dan jempol berada di bawah bagian kepada siwak.

Setelah bersiwak, hendaknya batang siwak atau sikat gigi diletakkan di bagian belakang telinga kiri.

Keempat, sunnah menggosok bagian pangkal gigi geraham baik secara membujur maupun melintang. [irm]


Komentar Pembaca