Wah! Monpera Palembang Bersolek Habis-habisan

Wisata  SELASA, 16 FEBRUARI 2021 | 18:15 WIB

Wah! Monpera Palembang Bersolek Habis-habisan

Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) di Jalan Merdeka, Palembang, tengah bersolek. Pelataran yang selama ini hanya berfungsi sebagai plaza, bakal dikelilingi sungai kecil dan kolam dengan dancing fountain (air mancur menari).

Kepala Dinas Perumahan dan pemukiman (Disperkim) Provinsi Sumsel Basyarudin Ahmad, melalui Kabid Tata Ruang Aminuddin, mengatakan bahwa progres penataan saat ini sudah mencapai 95 persen.

Menurut Aminuddin, Monpera tengah bersolek dengan penambahan beragam fasilitas dan ornamen. Kini terlihat para pekerja sedang melakukan pengecoran dan pemasangan lantai plaza Monpera.

"Salah satunya tengah dibuatkan air mancur menari atau dancing fountain dengan lampu warna-warni, yang akan menghiasi kawasan Monpera. Ditambah dua sungai kecil yang menggambarkan Sungai Musi dan Sungai Batanghari Sembilan," jelas Amin seperti dilansir infosumsel.id, Selasa (16/2/2021).

Sungai kecil dibuat untuk menunjukkan bahwa Palembang terkenal dengan Sungai Batang Hari Sembilan, juga dibuatkan representasi sungai tersebut di bagian kiri dan kanan taman.

Akan dipasang dua pergola atau elemen peneduh di dekat monumen,  dengan bentuk petak berjajar dengan lampu-lampu di sekitarnya. Ada penambahan fasilitas taman seperti alat olahraga dan grass block.

"Desain renovasi terinspirasi dari Masjid Istiqlal. Penambahan fasilitas seperti taman dengan grass block yang tetap memungkinan air hujan masih bisa meresap ke bagian dalam tanah," kata Amin.

Tim Leader Konsultan Supervisi Hendri saat ditemui di lokasi penataan menambahkan bahwa dalam waktu seminggu pengerjaan penataan dipastikan akan selesai, tersisa 5 persen lagi.

Masih ada beberapa ornamen yang belum dipasang, seperti lokasi olahraga, grass block dan air mancur menari.

"Kita masih tunggu tenaga ahli dari Jakarta untuk memasang dancing fountain  karena di Palembang tidak ada tenaga ahli tersebut," ujarnya.[ros]


Komentar Pembaca