Masa Jabatan Bakal Berakhir, Peraih Penghargaan Moeslimchoice Award Ini Dinilai Sukses Sebagai Bupati

Daerah  SENIN, 15 FEBRUARI 2021 | 10:52 WIB

Masa Jabatan Bakal Berakhir, Peraih Penghargaan Moeslimchoice Award Ini Dinilai Sukses Sebagai Bupati

Bupati Irwan Nasir saat menerima penghargaan Moeslimchoice Award 2020/mch

 Kepala Desa Kabupaten Kepulaun Meranti menyatakan kepuasaannya atas kinerja  Drs Irwan Nasir Msi sebagai Bupati Kepulauan Meranti dua periode yang akan berakhir masa jabatan beberapa hari lagi. Bupati yang meraih penghargaan Moeslimchoice Award 2020 ini akan meletakan jabatannya pada pada 17 Februari 2021 mendatang. 

Pada periode pertama yakni 2010-2015, periah penghargaan Good Governance Awar dari Media Moeslimchoice Network ini didampingi oleh Drs Masrul Kasmy. Sementara di periode kedua yaitu 2016-2021, ia didampingi oleh Drs H Said Hasyim.

Membangun sebuah daerah kabupaten di tengah keterbatasan anggaran dan sumberdaya manusia bukanlah hal yang mudah. Untuk sukses diperlukan pemikiran yang brilian, strategi jitu, kerja keras, dan dukungan dari segenap elemen masyarakat.

Selama 10 tahun memimpin kabupaten berjuluk kota sagu itu pula Irwan dinilai berhasil menggesa pembangunan mulai dari kota hingga ke pelosok desa baik di bidang infrastruktur, sumber daya manusia, hingga ekonomi masyarakat.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Desa Mekar Sari, Kecamatan Merbau, mengucapkan ribuan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Irwan karena selama dua periode menjabat bupati telah berhasil membangun desanya.

Menurut Erman Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan kabupaten termuda dengan segala keterbatasan namun berhasil dibangun oleh seorang sosok pemimpin yang berkarakter dan berwibawa yakni Irwan Nasir.

"Walaupun dalam kondisi keuangan Meranti sangat memprihatinkan namum Bupati Irwan berhasil membangun Kabupaten Kepulauan Meranti. Saya mewakili masyarakat Desa Mekar Sari hanya mampu mengucapkan terimakasih atas kepedulian beliau terhadap Masyarakat dengan membangun Desa Mekar Sari," katanya, seperti dilansir dari media Go Riau, Senin (15/2/21).

Salah satu kepedulian Bupati Irwan yang paling berkesan dikatakan Erman adalah membangun Jembatan penyeberangan penghubung Desa Mekar Sari dengan kelurahan yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Desa Mekar Sari dan tidak menutup kemungkinan bagi desa-desa lainnya yang ada di Kecamatan Merbau. 

"Yang dahulunya hanya jembatan kayu tapi Alhamdulillah dengan kepedulian pak bupati terhadap masyarakat kini telah berdiri jembatan yang begitu megah," ucap Erman.
Yang kedua jalan lintasan dari Kelurahan Teluk Belitung menuju beberapa desa, sampai ke Desa Meranti Bunting. Walaupun sampai saat ini masih dalam kondisi base tapi sangat membuat hati masyarakat sangat bersyukur dan merasa senang.

Ketiga fasilitas pendidikan dengan membangun Gedung SDN 13 Mekar Sari yang begitu megah dan itu merupakan satu langkah kebijakan Irwan disektor pendidikan. Kemudian peningkatan elektrifikasi dengan membangun jaringan listrik.

"Bukan hanya membangun jaringan listrik tapi juga memasang lampu tenaga Surya di jalan-jalan lingkungan, halaman Masjid yang ada di Desa Mekar Sari," ujar Erman lagi.

Dan yang paling bermanfaat bagi masyarakat miskin adalah dengan membangun rumah sehat layak huni yang cukup banyak di Desa Mekar Sari. 
"Atas semua itu saya selaku kades mewakili masyarakat Desa Mekar Sari hanya bisa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada Bupati Irwan karena selama 2 periode kepemimpinannya telah membawa kesan yang baik bagi masyarakat Desa Mekar  Sari. Semoga semua itu menjadi satu amal Ibadah buat beliau. Dan kami senantiasa mendoakan agar Bupati Irwan diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah," ucapnya.

Selanjutnya apresiasi atas kepemimpinan Bupati Irwan Nasir juga disampaikan oleh Kepala Desa Dedap, Kecamatan Tasik Putripuyu, Masnur.

"Saya menyampaikan ucapan ribuan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Irwan Nasir karena selama beliau menjabat sangat banyak pencapaian yang diraih yang sangat berarti bagi masyarakat Desa Dedap," ujar Mansur.
Apa saja yang dibangun Bupati Irwan, seperti dijelaskan Mansur diantaranya adalah listrik PLN nyala 24 jam, pembangunan jalan Kampung Tengah Parit Bunga, pembangunan jalan Raja Laut, Pembangunan jalan bese penghubung antar desa, dan bantuan sosial kepada masyarakat.

"Untuk itu mewakili masyarakat Desa Dedap saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Irwan Nasir dan kami mendoakan semoga beliau diberikan kesehatan, keberkahan umur dan tetap sukses di manapun berada," ucap Mansur.

Hal senada juga disampaikan Mulyadi selaku Ketua PGRI Kecamatan Tasik Putripuyu, mewakili seluruh insan pendidik di Kecamatan Tasik Putripuyu ia mengucapkan ribuan terima kasih kepada Irwan Nasir atas berbagai capaian positif di bidang pendidikan.

Seperti terlaksananya pembangunan fisik gedung sekolah merata di wilayah Kecamatan Tasik Putripuyu yang dilaksanakan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).
"Selama beliau memimpin telah banyak bangunan fisik yang keadaannya sudah baik dan layak digunakan. Pembangunannya gedung sekolah melalui dana DAK setiap tahun semakin  meningkat oleh karena itu sekali lagi kami ucapkan ribuan terimakasih kepada bapak Bupati Irwan," ucap Mulyadi.

Tak ketinggalan Kades Mayang Sari, Ibrahim juga menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Bupati Irwan Nasir.

"Sebagai Bupati Kepulauan Meranti dua periode banyak hal yang telah dibuat beliau khususnya di Desa kami. Masyarakat benar-benar bersyukur karena dalam waktu yg relatif singkat Bupati Irwan bisa membangun Kabupaten Kepulauan Meranti ini diberbagai bidang baik infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya, terimakasih pak Bupati atas usaha dan jasanya, sukses selalu," ucap Ibrahim.
 
Selanjutnya ucapan terima kasih disampaikan oleh Kades Putripuyu, Sahrul, mewakili masyarakat diwilayahnya mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Bupati Irwan Nasir.

"Sebelum kabupaten ini dimekarkan, daerah kami yang terletak diujung Pulau Padang dikelilingi hutan tak ada jalan sehingga sulit berurusan administrasi seperti membuat KTP maupun yang lainnya, ditambah lagi perekonomian yang sulit dikarenakan minimnya infrastruktur dasar dan listrik pun gelap gulita, alhamdulillah setelah mekar dan dipimpin pak Irwan daerah kami pun mulai maju, dan kami benar-benar bersyukur," ucap Sahrul.

Dijelaskan Sahrul adapun pembangunannya yakni, jalan penghubung antar desa, mulai dari Meranti Bunting hingga Tanjung Padang. Melalui program strategis Merangkai Pulau, kini Desa Putripuyu pun sudah terlihat gagah dengan jalan yang sudah lebar, lampu 24 jam, sekolah-sekolah dan perkantoran yang cukup baik. 
Di bidang kesehatan juga telah dibangun puskesmas yang setara dengan rumah sakit pratama dengan fasilitas rawat inap yang sangat megah terletak di ibu kota kecamatan, dan kini juga telah berdiri Kantor Camat Tasik Putripuyu yang sangat megah.

"Inilah bukti besarnya perhatian bapak Bupati terhadap kesejahteraan masyarakat. Membangun Meranti sebagai daerah Kepulauan mempunyai kesulitan tersendiri untuk melaksanakan pembangunan karena hampir semua material didatangkan dari daerah luar yang biayanya sangat tinggi, bisa mencapai 3 kali lipat jika dibandingkan dengan wilayah daratan. Tapi alhamdulillah berkat kecintaan dan semangat juang pak Irwan Nasir, Kabupaten Kepulauan Meranti bisa dibangun sesuai dengan harapan," ujarnya.

Sahrul pun mengajak kepada masyarakat untuk selalu bersyukur atas fasilitas yang sudah dapat dinikmati itu dan mendoakan Bupati Irwan selalu eksis dalam karier politiknya sehingga kedepan dapat kembali hadir di tengah masyarakat.
"Terimakasih pak Bupati Irwan Nasir atas jasa-jasanya, semoga Allah membalas atas usaha-usaha bapak selama memimpin kami," pungkasnya.[fah]


Komentar Pembaca
Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Kamis, 15 April 2021 | 19:05

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Kamis, 15 April 2021 | 13:50