BBC Hapus Klip Wawancara Pemimpin Komunitas Muslim Terbesar di Inggris

Internasional  MINGGU, 14 FEBRUARI 2021 | 00:10 WIB

BBC Hapus Klip Wawancara Pemimpin Komunitas Muslim Terbesar di Inggris

foto/net

Moeslimchoice. Sebuah klip video yang diambil dari wawancara Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris (Muslim Council of Britain/MCB) yang baru terpilih, Zara Mohammed telah dihapus oleh BBC, setelah ada keluhan bahwa seorang presenter telah "menindas" Zara.

Zara Mohammed (29) merupakan Kepala perempuan pertama dari organisasi MCB, yang muncul di acara "Woman's Hour" sebuah acara yang populer di Radio BBC 4.

Seperti dilansir ArabNews, dalam sebuah wawancara dengan pembawa acara Emma Barnett, yang dikenal karena gaya pertanyaannya yang kuat, Zara Mohammed berulang kali ditanyai tentang kurangnya Imam Wanita yang beroperasi di Inggris, dengan alasan meningkatnya prevalensi Pendeta dan Rabi wanita di Gereja Inggris dan komunitas Yahudi di Inggris. 

Zara, yang sebelumnya menyatakan bahwa visinya sebagai Sekjen adalah untuk "terus membangun badan yang benar-benar inklusif, beragam dan representatif," menolak untuk menjawab pertanyaan tersebut secara langsung sebanyak empat kali, dengan mengatakan, bahwa peran perempuan dalam memimpin kegiatan keagamaan adalah 'Tidak dalam parameter' dari posisinya.

Segmen itu kemudian dipotong dan diposting di akun Twitter resmi oleh BBC, namun sekarang postingan tersebut telah dihapus setelah seorang pengadu mengatakan, bahwa dirinya dan yang lainnya juga merasa bahwa Zara telah "diserang" dalam wawancara itu.

Seorang juru bicara dari pihak Perusahaan mengatakan: "Kami telah menghapus klip media sosial pendek dari umpan Twitter 'Woman's Hour' karena tidak mencerminkan wawancara penuh, di mana Zara Mohammed diberi kesempatan untuk berdiskusi dan mengomentari berbagai topik yang relevan dengan peran barunya sebagai sekretaris jenderal MCB.

"Wawancara tersedia secara online, mencakup reaksi positif terhadap pengangkatan Ms. Zara Mohammed, pengalaman kepemimpinannya sebelumnya dengan MCB, visinya untuk masa depan, dan hubungan antara MCB dan pemerintah Inggris Raya.

'Woman's Hour' memiliki sejarah panjang dalam tantangan wawancara dengan Politisi, Komunitas dan pemimpin agama tentang representasi perempuan.

MCB adalah sebuah kelompok yang mengkoordinasi lebih dari 500 organisasi, dan dia adalah Badan Muslim demokratis terbesar di Inggris. [mt]


Komentar Pembaca