KH Syukron: Rangkullah Kiai-kiai Kampung ..

INSPIRASI ISLAM  MINGGU, 07 FEBRUARI 2021 | 10:10 WIB

KH Syukron: Rangkullah Kiai-kiai Kampung ..

MoeslimChoice.Masya Allah..Ini nasihat luar biasa yang diterima Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) kemarin. Ia mendapat pencerahan dari ulama ternama KH Syukron Ma'mun saat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Daarul Rahman KH Syukron Ma'mun, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Moeslimchoice.com pagi ini, Minggu (7/2/2021), Gus Yaqut mengungkapkan rasa bahagianya dapat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Daarul Rahman.

"Saya banyak mendapat masukan dan nasihat dari Kiai Syukron Ma'mun," kata Menag.

Banyak masukan yang diberikan Kiai Syukron Ma'mun. Salah satunya, Menag diminta mengajak dan melibatkan kiai-kiai kampung dalam urun rembuk menentukan kebijakan.

"Jika pemerintah melalui Kemenag melibatkan atau mendengar masukan dari para kiai-kiai kampung, maka akan ada masukan-masukan yang baik untuk membangun bangsa dan negara," pesan Kiai Syukron.

"Insya Allah, ajaklah kiai kampung dan kiai nonstruktural bicara, nanti akan ada timbal balik yang baik," tambah Kiai.

Gus Yaqut juga mengatakan, ia ke pondok pesantren tersebut sekaligus melihat langsung kondisi instansi pendidikan agama di masa Pandemi COVID-19.

Kehadiran Pemerintah penting, untuk penguatan pondok-pondok pesantren di Indonesia. Harapannya, pondok pesantren di Tanah Air semakin berdaya saing dan mandiri.

Di sisi lain, Kiai Syukron Ma'mun yang telah berusia 80 tahun menyatakan kegembiraannya atas kedatangan Gus Yaqut. Bahkan, Kiai Syukron mengaku memiliki ikatan dekat dengan keluarga Gus Yaqut.

Rupanya, sejak masih muda Kiai Syukron sudah bersahabat karib dengan kakek Gus Yaqut, yakni KH Bisri Mustofa. KH Bisri beberapa kali berkunjung ke pondok pesantren itu untuk memberikan ceramah pada 1970 hingga 1980-an. Karena itu, Kiai Syukron pun merasa terharu mendapat kunjungan dari Menag Gus Yaqut.[ros]


Komentar Pembaca