Walau Pandemi, Sembahyang Malam Tetap Digelar

Sosial  SABTU, 06 FEBRUARI 2021 | 07:10 WIB

Walau Pandemi, Sembahyang Malam Tetap Digelar

Untuk mencegah kerumunan, Kelenteng Chandra Nadi Soei Goeat King yang lebih dikenal dengan Kelenteng Dewi Kwan Im meniadakan Pagelaran Barongsai, Jidor, dan Penyalaan Lampion untuk merayakan Imlek pada 12 Februari 2021.

Hal itu dikemukakan Pengelola Klenteng Dewi Kwan Im Tjik Harun kemarin, di mana menurut dia, karena  Pandemi Covid-19 maka perayaan Imlek 2021 harus digelar lebih sederhana. Pihaknya berusaha menghindari penularan Covid-19.

Sehubungan itu, kata Tjik Harun, Gelaran Barongsai, Tanjidor, dan Pemasangan Lampion sudah pasti ditiadakan di Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang.  Keputusan ini merupakan langkah pihaknya mencegah terjadi kerumunan, sesuai dengan imbauan Pemerintah.

"Iya jadi tahun ini Barongsai, Jidor dan Lampion ditiadakan, kita khawatirkan dapat menimbulkan kerumunan banyak orang dan dapat menjadi penyebaran Covid-19," kata Tjik Harun seperti dikutip dari infosumsel.id, Sabtu (6/2/2021).

Untuk ibadah pada malam Imlek tetap digelar seperti biasanya tanpa dilakukan batasan. Tjik Harun mengatakan, prosesi ibadah malam Imlek tak bisa dilakukan secara virtual. Sehingga mereka masih harus tetap datang ke Klenteng untuk sembahyang.

"Karena kalau sembahyang biasanya memang tidak berkerumun sehingga masih diperbolehkan. Dalam pelaksanaannya pun para pengunjung diwajibkan mengikuti protokol kesehatan (prokes) seperti mencuci tangan dan menggunakan masker selama ibadah," jelasnya.

Meskipun tahun ini sedikit berbeda, namun tidak mengurangi niat umat Thionghoa untuk beribadah dalam merayakan Tahun Baru China.

Bahkan tempat Ibadah Tri Dharma ini telah menyediakan tujuh tempat pencuci tangan, hand sanitizer serta mengatur jarak pada saat umat melakukan sembahyang.

Harun mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Palembang dan Polrestabes Palembang.[ros]


Komentar Pembaca
Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Kamis, 15 April 2021 | 19:05

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Kamis, 15 April 2021 | 13:50