Tiongkok Pasang UU Tembak Kapal Asing | Armada AS Tetap Nyelonong

Internasional  MINGGU, 24 JANUARI 2021 | 23:31 WIB

Tiongkok Pasang UU Tembak Kapal Asing | Armada AS Tetap Nyelonong

MoeslimChoice | Saling gertak sudah mulai. Baru saja Tiongkok memberlakukan Undang-Undang yang membolehkan pasukan penjaga pantainya menembak kapal asing, Amerika Serikat justru mengirimkan kapal induknya ke Laut China Selatan.

Pada sisi lain, terjadi ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan. Kantor berita Reuters mengabarkan pernyataan Komando Indo-Pasifik AS bahwa rombongan kapal perang dengan pimpinan Kapal Induk USS Theodore Roosevelt memasuki Laut China Selatan pada hari Sabtu, 23/1/22. Pada hari yang sama, Taiwan melaporkan serangan besar pengebom dan jet tempur China ke zona identifikasi pertahanan udaranya di sekitar Kepulauan Pratas.

Pernyataan Militer AS mengemukakan rombongan kapal induk berada di Laut China Selatan, yang sebagian besar diklaim oleh China, untuk "operasi rutin". Setelah berlayar melalui perairan ini selama 30 tahun karir saya, sangat menyenangkan berada di Laut Cina Selatan lagi, melakukan operasi rutin, mempromosikan kebebasan di lautan, dan meyakinkan sekutu dan mitra," kata Komandan Kapal Perang, Laksamana Muda Doug Verissimo.

"Dengan dua pertiga perdagangan dunia melalui wilayah yang sangat penting ini, sangat mendesak bagi kami mempertahankan kehadiran dan terus mempromosikan tatanan berbasis aturan yang memungkinkan kita semua sejahtera," lanjut Verissimo.

Amerika Serikat memberi dukungan kepada Taiwan di tengah pengakuan "Satu China". "Kami mendesak Beijing untuk menghentikan tekanan militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan dan sebaliknya terlibat dalam dialog dengan perwakilan Taiwan yang terpilih secara demokratis," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price seperti dikutip Associated Press, Minggu, 24/1/20.

Sedangkan Tiongkok berulang kali mengeluh tentang kapal Angkatan Laut AS yang mendekati pulau-pulau yang diduduki China di Laut China Selatan, di mana Vietnam, Malaysia, Filipina, Brunei, dan Taiwan semuanya memiliki klaim masing-masing. Malah pada Jumat, 22/1/21 lalu, Beijing telah memberlakukan UU yang membolehkan pasukan penjaga pantai Tiongkok menembak kapal asing.

Toh USS Theodore Roosevelt tetap nyelonong di wilayah sengketa itu. Kapal induk ini didampingi oleh kapal penjelajah rudal kelas Ticonderoga USS Bunker Hill, dan kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Russell dan USS John Finn..

Yang pasti, saling gertak sudah mulai. Bagaimana kelanjutannya? Wallahu'alam untuk sementara.(wrn)


Komentar Pembaca
Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Kamis, 15 April 2021 | 19:05

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Kamis, 15 April 2021 | 13:50