Denmark Tutup Penerbangan dari UEA Selama 5 Hari Karena COVID-19

Internasional  SABTU, 23 JANUARI 2021 | 19:15 WIB

Denmark Tutup Penerbangan dari UEA Selama 5 Hari Karena COVID-19

foto/net

Pemerintah United Emirat Arab (UEA) mengatakan pada Jumat (22/1), bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan dengan Denmark, setelah negara Nordik itu untuk sementara menghentikan semua penerbangan yang tiba dari negara Teluk Arab, karena virus corona yang melonjak di Dubai.

Kementerian transportasi Denmark mengatakan, penutupan perjalanan selama lima hari itu muncul, setelah adanya kekhawatiran tentang tes virus corona yang dilakukan di Dubai sebelum keberangkatannya ke Denmark. 

Ia menambahkan, bahwa pihaknya telah mengambil keputusan setelah informasi rinci dari adanya beberapa orang yang berasal dari Dubai, ternyata Positif Covid-19.

Hingga pemerintah Denmark pun meminta kepada otoritas Dubai, untuk melakukan tes sebelum terbang ke Denmark. 

Pihak UEA pun kini sedang berkomunikasi dengan otoritas Denmark "untuk mengklarifikasi detail dari kasus" di balik keputusan itu untuk menjamin keamanan semua turis.

Seperti diketahui, Denmark awal bulan ini mewajibkan para turis yang akan masuk ke negaranya untuk menunjukkan hasil tes negatif dari 24 jam sebelumnya, sebelum keberangkatan menuju Denmark dari semua negara.

Pada Jumat (22/1) malam, Menteri Kesehatan Denmark, Magnus Heunicke mengatakan  di akun Twitternya, bahwa 50 orang yang positif COVID-19 telah terbang dari Dubai pada Januari. Dan 33 orang di antaranya tiba setelah Denmark mewajibkan tes negatif untuk COVID-19 sebelum keberangkatan.

Beberapa selebriti Denmark, termasuk mantan pesepakbola Nicklas Bendtner, dikritik awal bulan ini, setelah media Denmark melaporkan, bahwa mereka telah melakukan perjalanan ke pusat pariwisata regional di Dubai untuk berlibur, meskipun pemerintah menyarankan agar tidak pergi ke luar negeri untuk membatasi penyebaran virus corona. [mt]


Komentar Pembaca