Aziz Tegaskan Habib Rizieq Bukan Imam Besar Lagi

Nasional  SABTU, 23 JANUARI 2021 | 16:10 WIB

Aziz Tegaskan Habib Rizieq Bukan Imam Besar Lagi

 MoeslimChoice.Kuasa Hukum Front Persaudaraan Islam (FPI) Yanuar Aziz mengatakan, organisasi kemasyarakatan  barunya itu dideklarasikan pada Rabu 30 Desember 2020. Yaitu beberapa jam setelah Pemerintah menyatakan Front Pembela Islam sebagai organisasi terlarang.

Menurut Aziz, FPI baru ini sudah terbentuk di lebih dari 20 provinsi di seluruh Indonesia. Hanya saja, dia tidak mau menyebutkan provinsi-provinsi tersebut.   

Ditegaskannya  bahwa di FPI baru ini, Habib Rizieq Shihab (HRS) tidak punya kedudukan tinggi secara struktural. Karena tidak ada jabatan Imam Besar di FPI Baru.  Oleh sebab itu HRS didudukkan sebagai anggota dewan pertimbangan.

"Di Front Persaudaraan Islam, beliau di dewan pertimbangan," kata Aziz kepada para wartawan di Jakara, Sabtu (23/1/2021).

 HRS tak lagi sebagai imam besar, karena jabatan itu tidak diatur dalam nomenklatur FPI baru. Tugas HRS adalah memberikan masukan dan nasihat serta pertimbangan.

Menurut Aziz, sejumlah tokoh telah mendeklarasikan FPI baru ini. Mereka antara lain: Habib Abu Fihir Alattas, Abdurrahman Anwar, Ahmad Sabri Lubis, Munarman, Abdul Qadir Aka Awit Mashuri, Haris Ubaidillah. Lalu ada Habib Idrus Al Habsyi, Idrus Hasan, Habib Ali Alattas, Habib Ali Alattas, I Tuankota Basalamah, Habib Syafiq Alaydrus, Baharuzaman, Amir Ortega, Syahroji, Waluyo, Joko, dan M. Luthfi.

Dia menyebut, arah gerakan FPI fokus kepada kemanusiaan, pendidikan, dan dakwah. Selain itu, hukum, advokasi serta hak asasi manusia (HAM). [ros]


Komentar Pembaca
Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Kamis, 15 April 2021 | 19:05

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Kamis, 15 April 2021 | 13:50