SEDEKAH JASA

Kajian  SABTU, 23 JANUARI 2021 | 06:50 WIB

SEDEKAH JASA

KH. Luthfi Bashori/ist

RASULULLAH SAW bersabda, “Sampaikanlah keperluan orang yang tidak mampu kepada penguasa (yang adil). Barang siapa yang (menolong) menyampaikan keperluan (orang tersebut) kepada penguasa (adil), kelak di hari Qiamat Allah SWT akan menetapkan kedua telapak kakinya di atas shirathal mustaqim (dengan selamat). (HR. Imam Thabarani).

Menolong sesama saudara merupakan hal yang dianjurkan dalam Islam. Barang siapa yang menolong saudaranya sesama muslim saat dalam kesulitan, niscaya Allah SWT akan balas menolongnya di hari ketika ia mendapat kesulitan.

Menyampaikan kesulitan sesama muslim kepada penguasa adil dan bijak, tentu sangat membantu untuk mencarikan solusi yang terbaik. Penguasa yang adil dan bijak itu selalu peduli terhadap kepentingan rakyatnya. Karena itu, bagi orang yang memiliki relasi kepada penguasa adil nan bijak, dapat memanfaatkan relasinya itu untuk bersedekah menolong orang-orang yang sedang kesulitan.

Sekalipun bukan sedekah berupa materi tapi sedekah berupa jasa, ternyata sangat dihargai oleh Allah atas usahanya tersebut.

Dalam hadits lain disebutkan, bahwa Allah swt. selalu menolong hambanya, selagi hamba-Nya mau menolong saudaranya. Dalam hadits lain disebutkan, “Barang siapa yang menolong saudara mukminnya dari suatu kesulitan di dunia, niscaya Allah akan menolongnya dari suatu kesulitan di hari Qiamat.”[***]

OLEH: LUTHFI BASHORI


Komentar Pembaca
Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Sabtu, 27 Februari 2021 | 20:05

Istri Gibran Jadi Sorotan

Istri Gibran Jadi Sorotan

Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:47