Orang Paling Baik di Masjidil Aqsa Itu Telah Tiada..

INSPIRASI ISLAM  JUMAT, 22 JANUARI 2021 | 11:03 WIB

Orang Paling Baik di Masjidil Aqsa Itu Telah Tiada..

Selama berkedade-dekade, Ghassan Younis (72) menyetir mobil 90 menit dari rumahnya di Arara, sebuah kota Arab-Israel di sebelah utara Israel, untuk memberi makan kucing-kucing dan burung-burung di Komplek Masjidil Aqsa. Itu dia lakukan 5 kali dalam seminggu. Dia juga memberikan permen dan makan kecil kepada anak-anak di sana.

Diberitakan JerusalemPost.com, pada Selasa (19/1/2021), Younis meninggal karena Positif Covid-19. Ya! Younis yang dijuluki Ayah Anak-anak Kucing itu telah tiada. Padahal selama ini, kucing-kucing dan burung-burung berkerumun di dekatnya begitu Younis memasuki Komplek Masjidil Aqsa, dengan memikul karung-karung berisi makanan.

Terakhir dia datang ke Masjidil Aqsa ada akhir November 2020, dan tak lama kemudian dia dikabarkan terinfeksi Covid-19. Kematian Younis menimbulkan duka mendalam bagi masyarakat  beserta kucing-kucing dan burung-burung di Komplek Masjidil Aqsa.

Younes dianggap sebagai manusia paling baik di lingkungan sekitar. Warga sekitar menjuluki Younes Abu Hurayrah (Bapak Kucing).

Tidak hanya memberi makan pada burung-burung dan kucing-kucing, serta membagikan makanan kecil kepada anak-anak di sana. Younis memberikan latihan pengembangan karakter Islam kepada anak muda di sekitar masjid.

Dalam wawancara pada November 2019 dengan Reuters, Younis mengatakan apa yang dilakukannya setiap hari terinspirasi dari salah satu sahabat Nabi Muhammad, yang dijuluki "Abu Hurayrah", bahasa Arab untuk "ayah dari anak kucing".

"Awalnya, saya biasa membawakan manisan dan makanan untuk orang tua," kata Younes.

"Dengan pertolongan Tuhan, siapa pun yang akan menemui saya, tua atau muda, atau siapa pun yang datang mengunjungi Masjidil  Aqsa, saya akan memberi mereka permen. Seperti yang baru saja Anda lihat, saya lalu pindah untuk memberi makan kucing dan burung," katanya.

Orang-orang Palestina yang berduka atas kematiannya mengatakan, Younis termasuk orang yang paling baik hati di komunitas lokal. Kabar kematiannya pun menjadi viral di media sosial, dengan banyak orang membagikan foto dan video momen-momen kebaikan Younes.[ros]


Komentar Pembaca
Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Sabtu, 27 Februari 2021 | 20:05

Istri Gibran Jadi Sorotan

Istri Gibran Jadi Sorotan

Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:47