Masjid di Inggris Dijadikan Tempat Vaksinasi Covid-19

Internasional  JUMAT, 22 JANUARI 2021 | 01:30 WIB

Masjid di Inggris Dijadikan Tempat Vaksinasi Covid-19

foto/net

Masjid menjadi salah satu tempat untuk melakukan Vaksinasi baru yang baru saja dibuka di Inggris Raya, untuk memberikan vaksin COVID-19 kepada orang-orang yang paling rentan di negara itu.

Dengan bermitra dengan National Health Service (NHS) dan apotek lokal, Al-Abbas Islamic Center di Birmingham, telah menjadi Masjid pertama di Inggris yang menyediakan tempat sebagai bagian dari upaya vaksinasi negara.

Imam Masjid, Sheikh Nuru Mohammed, mengatakan kepada ArabNews bahwa dia dan jamaahnya senang dapat mengambil bagian dalam kampanye vaksinasi di Inggris.

"Itu sangat berarti untuk kami. Itu memberi kami kesempatan untuk berkontribusi dalam memerangi virus corona," katanya.

"Anggota komunitas saya sangat gembira, bersemangat untuk mengambil langkah praktis melawan pandemi. Orang-orang tergerak karenanya, tanpa keraguan sedikitpun," tambahnya.

Mohammed mengatakan, langkah tersebut sangat penting dalam melawan beberapa berita palsu seputar vaksin, yang telah beredar di beberapa komunitas minoritas di Inggris.

"Sangat penting bagi kami untuk mengirimkan sinyal yang kuat dan positif terhadap vaksin di antara komunitas kami," katanya. 

"Beberapa Muslim berpandangan bahwa bahan-bahan vaksin itu tidak halal, kami melakukan ini untuk menunjukkan bahwa ini adalah berita palsu, dan cara paling praktis untuk melakukannya adalah dengan membawanya ke Masjid," kata Mohammed pasti.

Ketua NHS, Claire Deeley mengatakan, bahwa Masjid tersebut memiliki keuntungan karena sudah menjadi pusat komunitas terpercaya.

"Ini sangat sibuk. Sudah dipesan penuh untuk beberapa hari ke depan," katanya. 
"Ini adalah tempat yang ideal dan tepat di dalam komunitas. Kami sangat senang," tambahnya.

Dimensi Masjid menjadikannya tempat yang tepat untuk mengirimkan vaksin dengan aman. Dengan dua aula besar, masing-masing berkapasitas lebih dari 500 orang, pengunjung diterima dan check-in untuk mendapatkan vaksin di satu, sebelum pindah ke ruang lain untuk menerima suntikan.

Jarak sosial dimungkinkan karena ruang yang luas, dan kapasitas parkir untuk jamaah membuat masjid dapat memfasilitasi tingginya jumlah orang yang datang untuk menerima vaksin.

Karpet telah ditutup dengan lantai vinil untuk melindunginya dan memberikan lingkungan yang aman.

"Sungguh luar biasa melihat program vaksin berkembang begitu cepat," kata Nadim Zahawi, Menteri penyebaran vaksin Inggris. 

"Setiap minggu, NHS mempermudah orang-orang untuk mendapatkan suntikan lebih dekat ke rumah, di tempat-tempat di jantung komunitas mereka, dari apotek lokal hingga Masjid setempat," katanya. [mt]


Komentar Pembaca