BRPK Ganjal Penetapan Pemenang Pilkada 2020

Daerah  KAMIS, 21 JANUARI 2021 | 09:42 WIB

BRPK Ganjal Penetapan Pemenang Pilkada 2020

MoeslimChoice |  Sejumlah agenda penetapan pemenang pemilihan kepala daerah 2020 terganjal. Penyebabnya adalah ketiadaan BRPK, buku register perkara konstitusi, keluaran Mahkamah Konstitusi.

Hal ini terkait dengan sengketa Pilkada yang akan berlangsung di MK. Pilkada yang menjadi sengketa dengan sendirinya mengalami penundaan.

Berdasarkan jadwal di MK, pengumuman BRPK berlangsung antara 18-19 Januari 2021. Setelah KPU RI Menerima salinan secara resmi, selanjutnya informasi diteruskan  ke KPU Provinsi kemudian juga ke KPU Kabupaten/kota penetapan paslon terpilih.

Bagi daerah yang sedang berproses di MK maupun MA selambat-lambatnya lima hari setelah penetapan dismisal (pembatasan) atau putusan disampaikan ke KPU RI oleh lembaga berwenang. KPU RI juga yang akan menyampaikannya ke jajaran hingga tingkat Provinsi dan Kota serta Kabupaten.

Di Jawa Barat, misalnya, soal BRPK ini mengganjal penetapan peenang Pilkada di Kota Depok, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Karawang. Padahal Pilkada di tiga daerah itu tidak tercatat bersengketa di MK. Yang tercatat maju bersengketa di MK adalah Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung masih harus menjalani proses gugatan sengketa hasil Pilkada di Mahkamah Konstitusi.

"Seharusnya dilakukan penetapan pada hari ini, tapi karena belum adanya BRPK maka ditunda," kata Nana, Rabu, 20/1/21.  Sedangkan waktu pelaksanaan penetapan selanjutnya belum dapat dipastikan, tergantung informasi BRPK dari MK.

Nah, di Sumatera Selatan, setidaknya empat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) sudah mengajukan gugatan hasil Pilkada 2020. Keempat daerah itu adalah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Musi Rawas Utara (Muratara), dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Sedangkan yang tidak bersengketa sejauh ini ada tiga daerah di wilayah Sumsel. Pertama Kabupaten Ogan Ilir (OI), Musi Rawas (Mura), dan terakhir OKU Timur.

Sebenarnya BRPK tersedia dalam layanan elektronik MK berupa e-BRPK yang dapat diakses melalui jaringan internet. Masih belum jelas juga bagaiana.

Yang lebih jelas, penundaan penetapan pemenang Pilkada 2020 tanpa sengketa di MK sudah meleset dari jadwal. Biaya persiapan acara sudah keluar dan dengan sendirinya membengkak karena jadwal ulang. (wrn)


Komentar Pembaca
Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Sabtu, 27 Februari 2021 | 20:05

Istri Gibran Jadi Sorotan

Istri Gibran Jadi Sorotan

Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:47