Sah! Joe Biden Presiden Ke-46 AS

Internasional  KAMIS, 21 JANUARI 2021 | 00:13 WIB

Sah! Joe Biden Presiden Ke-46 AS

MoeslimChoice | Sah!!! Joe Biden dan Kamala Harris resmi menjabat Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Rabu siang, tengah malam WIB, 20/1/21. Biden, penyuka teh tarik, saat menjadi Wakil Presiden AS di masa Barack Obama, mengangkat sumpah sebagai Presiden AS ke-46 setelah mengalahkan petahana, Presiden Donald Trump, dalam pemilihan umum pada November lalu.

"Saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat," kata Biden saat mengucap sumpahnya. 

Sebelumnya, Kamala Harris mengangkat sumpah lebih dulu sebagai Wapres AS. Di antara dua ikrar sumpah itu, penyanyi Jeniffer Lopez menyelinginya dengan menyanyikan lagu rakyat (folk song) terkenal di negeri Paman Sam itu: This Land is Your Land.

Pasangan Biden-Harris memenangi Pilpres dengan total suara pemilih (popular vote) lebih dari 81,28 juta atau 51,3 persen. Sedangkan Trump meraih 74,2 juta suara popular atau 46,8 persen.

Saat berita ini diturunkan, Biden tengah menyampaikan pidato pelantikannya. "More stronger, more faster, more ready for the future... America is fantastic," ungkapnya dalam salah satu potongan pidato yang banyak menyinggung demokrasi itu.

Harap maklum, Biden-Harris berasal dari Partai Demokrat. Congratulations!!! (wrn)


Komentar Pembaca