Kemandirian Ekonomi Melalui UMKM Jadi Satu Misi PKS

Nasional  RABU, 20 JANUARI 2021 | 22:00 WIB | Giri Sasongko

Kemandirian Ekonomi Melalui UMKM Jadi Satu Misi PKS

foto/net

Moeslimchoice. Sebuah acara istimewa yang dihelat pada Sabtu lalu (17/1), yakni webinar dan lomba untuk menggerakan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dengan tema, 'UMKM tulang Punggung Ekonomi Bangsa, Penggerak Ekonomi Rakyat di Masa Pandemi', diselenggarakan oleh Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi Kader (BPJE) DPP PKS.

Disebut istimewa salah satunya karena Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, hadir sebagai salah satu pembicara. Ini sebagai bukti bahwa sebagai partai oposisi, PKS tidak asal beda dan selalu berseberangan dengan pemerintah. Selama ada hal yang dapat disinergikan untuk kepentingan rakyat, terutama di sektor UMKM, maka PKS siap bergandengan tangan.

Ahmad Syaikhu menegaskan, selama pandemi ini selalu berupaya menunjukkan keberpihakannya pada UMKM.

"Saya juga mengeluarkan tiga instruksi agar dukungan PKS terhadap UMKM nyata dan berbuah menjadi kebijakan struktur partai hingga tingkat bawah," terangnya, Rabu (20/1).

Pertama, pemberian bantuan langsung bagi pemberdayaan UMKM oleh pejabat publik PKS, seperti Gubernur, Bupati, anggota dewan disemua tingkatan dan para tokoh struktur partai.

Kedua, bantuan modal kerja bagi UMKM yang tidak terlalu membebani, baik melalui program dana bergulir atau hibah bantuan modal dan kerjasama usaha.

Ketiga, mendorong kepada seluruh keluarga besar PKS untuk proaktif membeli hasil produksi para pelaku UMKM, baik di bidang industri kreatif, pertanian, peternakan, kuliner hingga industri rumah tangga.

Pembelaan terhadap UMKM juga dilakukan fraksi PKS di parlemen, di antaranya saat proses legislasi RUU cipta kerja kemarin, khusus yang membahas mengenai UMKM, fraksi PKS tegas secara detail memasukan pasal-pasal yang berpihak pada UMKM dalam hal perlindungan dan kemudahan usaha.

"Kedepan, fraksi PKS akan terus mengawal semua kebijakan pemberdayaan UMKM yang dijalankan pemerintah agar dapat terealisasi dengan baik dan tepat sasaran," tutup Presiden PKS tersebut. [mt]


Komentar Pembaca