HOAX; Santri Pingsan Karena Divaskin Covid-19

Nasional  RABU, 20 JANUARI 2021 | 21:10 WIB

HOAX; Santri Pingsan Karena Divaskin Covid-19

Sungguh tak bisa dimengerti; apa tujuan orang-orang menyebar video hoax semacam ini? Di video hoax itu dinarasikan bahwa puluhan santri di Jember pingsang setelah disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac. Karena itu Satgas Penanganan Covid-19 memberikan bantahan tegas.

Dalam siaran resminya, Rabu (20/1/2021), Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan video tersebut hoax. Video itu konten yang menyesatkan. Narasi dalam video itu tidak sesuai dengan video yang diunggah.

"Faktanya, dalam video dinyatakan puluhan santri pondok pesantren di Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, pingsan karena dehidrasi usai disuntik vaksin difteri pada 27 Febuari 2018," tegas Satgas seperti dikutip MoeslimChoice.com.

Satgas menegaskan video itu beredar di Facebook. Postingan yang diunggah pada 13 Januari 2021 ini telah mendapatkan sejumlah komentar dan telah dibagikan oleh pengguna Facebook lain.

Setelah ditelusuri, Satgas menyebut peristiwa dalam video tersebut terjadi jauh sebelum munculnya Covid-19. Video ditemukan di kanal Youtube Jember 1Tv pada 28 Februari 2018, dengan judul 'Puluhan Santri Pingsan Usai Imunisasi Difteri'.

"Dalam keterangannya, disebutkan bahwa puluhan santri di pondok pesantren Pondok Pesantren Madinatul Ulum berada di Kecamatan Jenggawah itu pingsan karena dehidrasi usai disuntik vaksin difteri," tulis Satgas.

Di sisi lain, Pondok Pesantren Madinatul Ulum telah mengeluarkan surat edaran mengenai video tersebut. Bahwa yang di video itu merupakan vaksinasi difteri yang dilakukan oleh Puskesmas Jenggawah, pada tanggal 28 Februari 2018.

"Tidak benar jika video tersebut dihubungkan dengan Vaksinasi Covid-19 sekarang," tegas pihak Ponpes.

Karena itu, Satgas dan pihak ponpes meminta semua pihak tidak menyebarluaskan video itu lagi. Konten tesebut menyesatkan.[ros]

 


Komentar Pembaca
Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Sabtu, 27 Februari 2021 | 20:05

Istri Gibran Jadi Sorotan

Istri Gibran Jadi Sorotan

Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:47