Lampung Diguncang Gempa dengan Magnitudo 5,3

Daerah  SABTU, 16 JANUARI 2021 | 19:00 WIB

Lampung Diguncang Gempa dengan Magnitudo 5,3

ilustrasi

Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 5,3 mengguncang wilayah Lampung dan sekitaranya, kondisi ini dicatat Badan Meteorologi, Kimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 16.26.43 WIB wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,3," ungkap Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/1).

Pusat gempa atau episenter berada pada koordinat 6,49 Lintang Selatan dan 103,82 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 145 km arah Selatan Kota Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 43 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi," kata Bambang.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," lanjutnya.

Menurut dia, guncangan gempa ini dirasakan di daerah Liwa, Pesawaran, Tanggamus, Bandar Lampung dengan skala MMI II-III (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Selain itu, Teluk Betung merasakan gempa dengan skala II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Pihaknya juga belum mendeteksi gempa susulan. "Hingga hari Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 16.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ucapnya.

Bambang pun meminta masyarakat tetap tenang dan tak terpengaruh hoaks, menghindari bangunan rusak, serta memeriksa kondisi rumah.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tandasnya. [irm]


Komentar Pembaca
Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Kamis, 15 April 2021 | 19:05

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Berpuasa, Tapi Meninggalkan Sholat?

Kamis, 15 April 2021 | 13:50