Emansipasi Wanita, Arab Saudi Segera Tunjuk Hakim Wanita

Kabar Tanah Suci  SABTU, 16 JANUARI 2021 | 19:15 WIB

Emansipasi Wanita, Arab Saudi Segera Tunjuk Hakim Wanita

foto/net

Arab Saudi akan segera menunjuk seorang perempuan sebagai hakim pengadilan, kata seorang pejabat, dalam reformasi sosial yang berkelanjutan selama beberapa tahun terakhir.

Hind al-Zahid, Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan di Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial, mengatakan, "Wanita Saudi akan segera mengambil posisi sebagai seorang Hakim. Ada inisiatif di beberapa tingkat."

Dalam wawancara dengan Al-Arabiya, Al-Zahid menegaskan kembali keinginan Arab Saudi untuk mengejar pemberdayaan perempuan, terutama dalam memungkinkan perempuan untuk berpartisipasi dalam berbagai bidang, termasuk pengadilan.

Al-Zahid menyatakan bahwa hal tersebut menunjukkan kepada dunia Internasional tentang kemajuan Arab Saudi dalam hak-hak perempuan, terutama mencatat partisipasi wanita Saudi di pasar tenaga kerja Arab Saudi yang telah melebihi harapan.

"Angka partisipasi perempuan saat ini telah mencapai 31 persen, dan ini kemajuan yang sangat besar. Sedangkan untuk sektor PNS, angka partisipasi perempuan Saudi meningkat dari 39 persen menjadi 41 persen, dan sebagian besar berada di sektor pendidikan dan kesehatan disamping sektor lainnya," kata al-Zahid. [mt/AN]


Komentar Pembaca