Paiker Hebat! Pengantin Wajib Tebar Bibit Ikan

INSPIRASI ISLAM  JUMAT, 15 JANUARI 2021 | 10:13 WIB | Rahmad Romli

Paiker Hebat! Pengantin Wajib Tebar Bibit Ikan

Luar biasa! Hebat dan keren kebijakan Pemerintah Kecamatan Paseman Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. Bahwa setiap pasangan yang akan menikah harus melakukan ritual menebar bibit ikan di berbagai sungai di daerah tersebut.

Sungguh menjadi budaya baru yang sangat positif. Pasangan pengantin lengkap dengan busana spesial diarak ke tepi sungai lalu menebarkan bibit ikan. Seperti yang terjadi kemarin, Kamis (14/1/2021), pasangan pengantin menebar bibit ikan di Sungai Ayik Angat, Desa Air Mayan,  disaksikan Camat Pasemah Air Keruh Noperman Subhi, Kepala Desa (Kades) Darmawan Arsyad dan kerabat serta sahabat.

Camat Noperman mengatakan, Sungai Ayik Angat adalah salah satu di wilayah Kecamatan Paiker. Kelestarian sungai ini harus dijaga. Oleh karena itu Pemerintah Desa Air Mayan mengeluarkan aturan, yang tujuannya menjaga habitat ikan agar tidak menjadi langka.

Pemerintah Desa mendorong masyarakat terus berperan aktif menjadikan Paiker kaya ikan. Maka warga yang melaksanakan pernikahan diwajibkan melepas 2 kg bibit ikan ke sungai-sungai yang ada di Paiker. Masyarakatpun menyambutnya dengan baik.

Usai menyaksikan pasangan pengantin menebar bibit ikan di Sugai Ayik Angat kemarin, Camat Paiker mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang melaksanakan mengindahkan program pemerintah melestarikan habitat ikan di kecamatan ini. Ia berharap masyarakat terkhusus para pasangan pengantin menaati kewajiban menebar bibit ikan ini.

Kades Air Mayan Darmawan Arsyad menjelaskan,  pelepasan bibit ikan oleh pasangan pengantin sebanyak 2 kg.

Dengan itu, Kades yang dilantik tanggal 4 Februari 2020 ini berharap  bibit ikan yang dilepas dapat berkembang biak.

Calid,  warga Desa Air Mayan,  menyambut baik program pelepasan bibit ikan ke sungai oleh mereka yang akan menikah.

"Apalah arti uang Rp50 ribu untuk beli bibit ikan dibanding menyewa organ atau hiburan lainnya yang jutaan rupiah. Sementara banyak manfaatnya apabila kita mewajibkan mereka yang nikah menebar bibit, baik manfaat menjaga jumlah ikan maupun manfaat ekonomi," katanya.[ros]


Komentar Pembaca
Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Mui Marah Jokowi Sahkan Miras

Sabtu, 27 Februari 2021 | 20:05

Istri Gibran Jadi Sorotan

Istri Gibran Jadi Sorotan

Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:47