Ini, Misi Mulia Dodi-Beni di Sektor Hulu Migas

Tentang Sumsel  KAMIS, 14 JANUARI 2021 | 23:50 WIB

Ini, Misi Mulia Dodi-Beni di Sektor Hulu Migas

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dibawah kepemimpinan Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dan Wakil Bupati Beni Hernedi SIP sangat konsen untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dan serapan tenaga kerja lokal Muba di sektor hulu minyak dan gas (Migas).

Betapa tidak, sektor hulu migas menyokong sangat besar untuk PAD Muba dan tentu ini sangat menjadi prioritas Pemkab Muba guna meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Muba.

"Kita berharap sinergi dan kolaborasi antara Pemkab Muba bersama SKK Migas dan Perusahaan K3S di Muba berkelanjutan dan sangat maksimal meningkatkan PAD hingga serapan tenaga kerja lokal di Muba," ungkap Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP di sela Rapat Teknis Rencana Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan SKK Migas di Ruang Rapat Musi Kantor Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan, Kamis (14/1/2021).

Beni menambahkan, hal ini juga telah direalisasikan dengan telah dilakukannya kerjasama beberapa waktu lalu antara Pemkab Muba bersama dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) guna mendorong peningkatan SDM lokal bidang migas di Muba.

Menurut dia, kerjasama untuk mendorong peningkatan kualitas SDM bidang migas di Muba tersebut direalisasikan dengan beberapa item. Di antaranya Pengembangan SDM Lokal melalui Pendidikan dan Pelatihan Vokasi yang berorientasi ke pasar industri, Revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) dan mendorong Pengembangan Pusat Pelatihan yang bersertifikasi nasional dan internasional.

"Kemudian, Pemberdayaan dan Penempatan Bagi SDM Lokal Penyandang Disabilitas dan Mendorong Peran Swasta dalam pemberdayaan, pelatihan dan penempatan SDM Lokal," ujar Beni yang juga Ketua PMI Muba ini.

Sementara itu, Kepala SKK Migas Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo mengatakan SKK Migas mengapresiasi  komitmen Pemerintah Kabupaten Muba dibawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza dan Wakil Bupati Beni Hernedi khususnya di sektor hulu migas.

"Pemkab Muba telah mewujudkan mimpi warga Muba di sektor migas, ini juga sejalan dengan misi SKK Migas, SKK Migas punya mimpi besar yakni memproduksi 1 juta barel minyak pada 2030 mendatang," ungkapnya.

Dikatakannya, Pemkab Muba dibawah komando Bupati dan Wakil Bupati Muba Dodi-Beni telah membawa misi mulia demi keberlanjutan SDA dan SDM di bidang Migas.

"Semoga sinergi SKK Migas, K3S di Muba semakin baik ke depan bersama Pemkab Muba," pungkasnya.

Kepala Disnakertrans Muba Mursalin SE MM mengatakan, penandatanganan MoU bersama akan diagendakan dalam waktu dekat di awal tahun 2021 ini.

"Teknis penyediaan tenaga kerja lokal yang kompeten dan preofesional juga disepakati akan dilakukan sebagai turunan dari MoU nantinya," ungkap Mursalin.

Dalam kesempatan Rapat Teknis Rencana Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) Antara Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan SKK Migas di Ruang Rapat Musi Kantor Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan tersebut Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP turut didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH, Kepala Disnakertrans Muba Mursalin SE MM, dan Kabag Kerjasama Pemkab Muba Dicky Meiriando SSTP MH.[ros]


Komentar Pembaca