Tak Gunakan Masker, Puluhan Warga Kena Sanksi Sosial

Daerah  KAMIS, 14 JANUARI 2021 | 18:30 WIB | Giri Sasongko

Tak Gunakan Masker, Puluhan Warga Kena Sanksi Sosial

foto/net

Puluhan warga yang tidak menggunakan masker terkena operasi non yustisi yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Bekasi di wilayah Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (14/1).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Bekasi, Abi Hurairah menegaskan, kegiatan operasi non yustisi ini menargetkan warga yang tidak menggunakan masker.

"Mereka yang terjaring operasi non yustisi ini adalah warga yang tidak menggunakan masker," tegas Abi.

Kata dia, kegiatan pada hari ini merupakan implementasi Perda Kota Bekasi nomor 15 tahun 2020 terkait Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) kepada warga Kota Bekasi.

Dengan menerjunkan personil Satpol PP Kota Bekasi sebanyak 50 anggota, 10 anggota Dishub Kota Bekasi, Koramil, Polsek Bekasi Timur dan Kecamatan Bekasi Timur beserta jajarannya, kegiatan ini selain melakukan pendataan kepada warga yang tidak menggunakan masker, mereka juga diberikan sanksi sosial berupa menyapu halaman di lingkungan Kecamatan Bekasi Timur.

"Mereka yang tidak menggunakan masker kami data bersama tim, lalu mereka diberikan sanksi sosial berupa membersihkan atau menyapu halaman di Kecamatan Bekasi Timur," terangnya.

Ia juga mengatakan, setelah didata, nantinya para warga tersebut bisa dijatuhkan sanksi kembali jika mereka nantinya terkena operasi non yustisi berupa denda sebesar Rp 100.000 dan jika mereka terkena operasi serupa dan untuk kali ketiga, maka akan dikenakan hukuman kurungan sesuai dari tindak pidana ringan (Tipiring) yang dilakukan.

"Mereka nanti didata, dan jika mereka nanti kembali terkena operasi serupa, maka warga tersebut akan dijatuhi sanksi denda uang sebesar Rp 100.000 dan jika kembali terkena operasi ketiga kalinya akan terkena hukuman kurungan sesuai dengan tipiring yang dilakukan," paparnya. [mt]


Komentar Pembaca