Sifat Iri, Dengki dan Cemburu Bisa Diobati dengan Mencintai Akhirat

Kajian  SELASA, 12 JANUARI 2021 | 12:25 WIB | Irmayani

Sifat Iri, Dengki dan Cemburu Bisa Diobati dengan Mencintai Akhirat

Ustadz Hanan Attaki / net

Cinta adalah salah satu anugrah terbesar Allah Swt. atas hambanya, maka dalam kondisi apapun patut kita syukuri.

Sementara artikulasi mencintai bisa diartikan dalam banyak bentuk, selagi dalam batas kewajaran dan sesuai norma, tentu hal itu sah-sah saja.

Melalui laman Instagram pribadinya hanan_attaki, Ustadz Hanan Attaki mengungkapkan dari Imam Al Khozali mengatakan pondasinya ilmu, dasarnya ilmu adalah mencintai surga, mencintai akhirat lebih dari pada dunia.

"Saat kita mencintai akhirat lebih dari dunia, saat kita kekurangan dunia, kehilangan dunia maka tidak akan kecewa berlebihan, karena kita akan bilang to masih ada akhirat,"jelasnya, dalam video berdurasi 59 detik.

Lalu dia menjelaskan yang penting akhirat tidak berkurang, yang penting akhirat tidak hilang, berkurang dunia tidak masalah, kehilang dunia tidak masalah asal tidak kehilangan akhirat.

Sehingga, jauh lebih mudah untuk seseorang lebih bahagia, jauh lebih mudah untuk seseorang tahan banting terhadap ujian-ujian dalam hidupnya.

"Karena punya modal cinta akhirat," katanya.

Inilah alasan kenapa kaum Anshar tidak iri kepada penduduk Mekkah yang membawa pulang ratusan onta sebagai hasil kemenangan perang. Sedangkan kaum Anshar tidak membawa apa-apa selain janji Allah dan Rasul berupa surga yang lebih baik.

"Maka sifat iri, dengki, cemburu dalam urusan dunia ini hanya bisa diobati dengan belajar mencintai akhirat," jelasnya.[irm]


Komentar Pembaca