Aziz: Bekukan Rekening FPI, PPATK Keliru!

Hukum  RABU, 06 JANUARI 2021 | 21:10 WIB

Aziz: Bekukan Rekening FPI, PPATK Keliru!

 MoeslimChoice.Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah membekukan rekening Front Pembela Islam (FPI) setelah ormas tersebut dinyatakan sebagai organisasi terlarang di Indonesia, Rabu (30/12/2020).

Menanggapi itu, Kuasa hukum eks-FPI Aziz Yanuar mengatakan bahwa PPATK  keliru dengan telah membekukan rekening FPI. Karena FPI sama sekali tidak melakukan tindak pidana.

"Rekening FPI bisa dibekukan,  asal memang terlibat dalam tindak pidana seperti korupsi atau pidana lainnya yang mengarah kepada pencucian uang," kata Aziz kepada para wartawan, Rabu (6/1/2021).

Aziz pun mencontohkan kasus-kasus yang rekeningnya dapat dibekukan oleh PPATK, dengan menyindir kasus-kasus korupsi besar yang melibatkan dua menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Bersumber dari jual lobster kah uang yang ada di rekening FPl itu? Hasil merampok seperti dana bansos itukah isi rekening FPl?” tanyanya menegaskan.

Menurut Aziz, uang di rekening FPI merupakan dana kumpulan dari umat yang bertujuan untuk kegiatan keagamaan dan aktivitas FPI selama ini.

"Tindakan otoriter seperti ini tidak tertutup kemungkinan akan menyapu rata seluruh masyarakat yang memiliki hasil tetes keringatnya serupiah demi rupiah, sen demi sen yang mereka titipkan di bank-bank itu untuk dilakukan hal serupa. Dibegal, digarong dan dirampok atas dasar kecurigaan semata,” tegas Aziz. [ros]


Komentar Pembaca