Mau Liburan di Bali? Ini Syaratnya..

Wisata  SENIN, 14 DESEMBER 2020 | 22:50 WIB

Mau Liburan di Bali? Ini Syaratnya..

Dipermaklumkan! Tidak ada larangan bagi masyarakat untuk berlibur di Pulau Dewata di akhir Desember 2020. Hanya saja, ada syarat yang harus dipenuhi oleh para wisatawan.

Wajib Swab Test Polymerase Chain Reaction (PCR) pada H-2 keberangkatan. Itu untuk yang naik pesawat. Untuk wisatawan yang ke Bali melalui perjalanan darat, syaratnya adalah melakukan tes rapid antigen H-2.

Demikian keputusan Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim dan Bali secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Panjaitan hari ini, Senn (14/2/2020).

Menurut Menko Marives, kewajiban Swab Test PCR dan Rapid Test Antigen tersebut sebagai antisipasi lonjakan kasus covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Kami minta untuk wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR H-2 sebelum penerbangan ke Bali serta mewajibkan tes rapid antigen H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali," ujar Luhut dalam keterangan resmi yang diterima malam ini.

Menko, yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,  ini meminta pengetatan protokol kesehatan dilakukan di Bali, terutama di tempat peristirahatan atau rest area, hotel, dan tempat wisata.

Luhut meminta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Ketua BNPB Doni Monardo segera mengatur prosedurnya.

"Saya minta hari ini SOP untuk penggunaan rapid test antigen segera diselesaikan," ujarnya.

Rapat virtual ini diikuti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Bali I Wayan Koster, perwakilan Gubernur Jawa Tengah, serta Pangdam dan Kapolda terkait.[ros]


Komentar Pembaca
Anang Masuk Rumah Sakit

Anang Masuk Rumah Sakit

Rabu, 23 Juni 2021 | 18:30

Jogja Batal Lockdown

Jogja Batal Lockdown

Rabu, 23 Juni 2021 | 16:05