La Nina Patahkan Menara Masjid Islamic Center Indramayu

Daerah  SENIN, 07 DESEMBER 2020 | 06:31 WIB

La Nina Patahkan Menara Masjid Islamic Center Indramayu

MoeslimChoice | Menara masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat patah sebagian pada Minggu, 6/12/20 bada dzuhur. Penyebab patahnya bagian atas menara yang reruntuhannya menimpa satu mobil dan beberapa sepeda motor itu kemungkinan adalah ulah La Nina, fenomena penurunan suhu laut di Samudera Pasifik kawasan khatulistiwa, yang berdampak pada peningkatan curah hujan dan kecepatan angin di kawasan nusantara.

Saat menara Islamic Center setinggi sekitar 100 meter itu patah dua, hujan lebat tengah mengguyur Indramayu sejak malam hingga siang hari. Sedangkan kecepatan angin juga lebih kencang dari biasanya.

"Tiba-tiba terdengar suara petir menyambar disertai guruh," kata Dimas, staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu yang menghadiri Bimbingan Teknis Pilkada 2020 bertempat di Islamic Center ini. Alhasil, robohlah bagian atas menara itu.

"Krek krek  krek brol... Begitu yang terdengar menjelang menara roboh. Kemudian bruk suara bongkahan material menara menimpa kendaraan yang terparkir," kata Hendra, warga lainnya yang juga berada di lokasi pristiwa.

Seketika itu pula jamaah dzuhur di Masjid Syekh Abdul Manan dan peserta Bimtek KPU Indramayu di Lantai 2 Gedung Islamic Center berhamburan keluar. Sebagian dari mereka menyaksikan satu mobil Suzuki Ertiga bernomor polisi E 1684 ZV dan beberapa sepeda motor sudah ringsek tertimpa reruntuhan.

Sejauh ini tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi,  dan Geofisika (BMKG) La Nina masih akan meniupkan angin kencang dan hujan lebat hingga beberapa bulan ke depan.

Jadi, tetaplah waspada terhadap bencana hidrometeorologi seperti luapan air da tanah longsor. Juga dampak lainnya semisal menara yang roboh di Indramayu itu. (wrn)


Komentar Pembaca