Senangnya..Warga Lubuklinggau Nikmati Layanan Drive Thru Samsat

Tentang Sumsel  RABU, 02 DESEMBER 2020 | 19:35 WIB

Senangnya..Warga Lubuklinggau Nikmati Layanan Drive Thru Samsat


Gubernur H Herman Deru meresmikan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor  Drive Thru Samsat Simpang Periuk, Kota Lubuklinggau kemarin. Dengan diresmikannya layanan modern ini, masyarakat semakin dimudahkan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).

 

"Dalam benak Saya sebenarnya sudah lama bertanya-tanya. Kapan kota lain selain Palembang punya tempat pelayanan pajak yang praktis. Sekarang terbukti, Lubuklinggau bisa mewujudkannya," ujar Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru (HD).

 

Kehadiran Drive Thru Samsat ini menurut Herman Deru sekaligus menandakan bahwa Kota Lubuklinggau memang telah bergerak menjadi sebuah kota yang besar. Sehingga kehadirannya memang pas untuk memenuhi kebutuhan warganya yang semakin dinamis.

 

Pemprov Sumsel, jelas HD, mengapresiasi kehadiran Drive Thru Samsat ini. Terlebih pada Walikota yang telah berkontribusi dalam pembangunan gedung Drive Thru Samsat Kota Lubuklinggau, dengan menghibahkan tanah dan bangunan seluas 1.200 m2.


Menurutnya, peresmian gedung kantor Samsat Drive Thru Kota Lubuklinggau merupakan bentuk modernisasi pelayanan yang dapat memacu peningkatan penerimaan pajak daerah yang berdampak pada peningkatan PAD.

 

"Ini tentunya akan berdampak  pada bagi hasil pajak untuk kabupaten/kota. Dimana pemerintah kabupaten/kota mendapatkan pembagian 30 persen sesuai Perda Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah," jelasnya.

 

Herman Deru mengakui bahwa pembentukan unit pelayanan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan publik terutama bagi wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Lubuklinggau. Oleh karena itu HD berharap Bupati  dan Walikota lainnya di Sumsel dapat mengikuti langkah yang dilakukan oleh Walikota Lubuklinggau.

 

"Sekarang ini adalah Drive Thru Samsat satu-satunya di luar Kota Palembang. Saya harap kedepan nanti Drive Thru seperti ini juga hadir di setiap kabupaten/kota di Sumsel," papar HD.

 

Dalam kesempatan itu HD juga mengingatkan agar petugas mengedepankan service yang maksimal kepada para wajib pajak. Sehingga wajib pajak mau memanfaatkan fasilitas ini dan timbul kesadaran untuk menjadi warga yang taat membayar pajak tepat waktu.

 

"Pajak yang saudara bayar itu dapat meningkatkan PAD. Dan itu digunakan untuk mendukung pembangunan di Sumsel termasuk infrastruktur jalan yang semakin mulus dua tahun terakhir di Sumsel," jelasnya.

 

Adanya program ini lanjut HD memungkinkan masyarakat dan wajib pajak tidak oerlu rurun dari kendaraan untuk mendapatkan pelayanan dan hanya membutuhkan waktu 3 menit.

 

Program Samsat Drive Thru ini juga dimaksudkan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu pelayanan pajak kendaraan tahunan dan pengesahan STNK terutana saat pandemi Covid 19 yang mengutamakan protokol kesehatan.

 

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim. Saya resmikan Drive Thru Samsat ini semoga bermanfaat bagi masyarakat Sumsel terutama masyarakat Kota Lubuklinggau dalam rangka peningkatan perekonomian dan pembangunan di Sumsel," jelasnya.

 

Di tempat yang sama Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mengatakan, Ia berinisiatif mengalihkan puskesmas dan menggantikannya dengan Drive Thhru Samsat karena melihat posisinya yang strategis karena dilintasi banyak angkutan dari Jambi, Padang dan banyak lagi lainnya. Sehingga ini diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya membayar pajak.

 

"Kami sadar bahwa kami tidak punya banyak SDA. Makanya kami berupaya menggali potensi lainnya untuk meningkatkan PAD. Dengan adanya Drive Thru ini semoga dana bagi hasil bisa meningkat lagi di tahun-tahun mendatang," pungkasnya.

 

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula serah terima hibah gedung Dinkes dari Pemkot Lubuk Linggau kepada Pemprov Sumsel. Serta penandatanganan prasasti gedung Drive Thru Samsat.

 

Untuk diketaui drive-thru adalah jenis layanan  atau membeli suatu produk tanpa perlu meninggalkan mobil atau sepeda motor.[ros]


Komentar Pembaca
Dosa Kah Jika Membangun Masjid Menyerupai Gereja
Ipin Upin Bukan Kisah Nyata

Ipin Upin Bukan Kisah Nyata

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:35

BUDAYAWAN: RASIS!

BUDAYAWAN: RASIS!

MCTVRabu, 19 Januari 2022 | 11:56

USTADZ HILMI: SEMOGA ORANG INI SEGERA ISTIGHFAR & TAUBAT
Pulang Umrah, 87 Jamaah Positif Covid-Probable Omicron

Pulang Umrah, 87 Jamaah Positif Covid-Probable Omicron

NasionalKamis, 20 Januari 2022 | 22:55

Sebelum Tuhan, Habib Bahar Ditantang Gus Arya Duluan

Sebelum Tuhan, Habib Bahar Ditantang Gus Arya Duluan

POLKAMSelasa, 18 Januari 2022 | 13:20

GUS ARYA: AKU MINTA MAAF, KASIHANILAH SAYA, TOLONG
Ahok Dirumorkan Calon Kepala Otorita IKN, Ruhut: Wuuu..
Mengapa Harus Pindah ke TV Digital, Ini Penjelasannya

Mengapa Harus Pindah ke TV Digital, Ini Penjelasannya

NasionalMinggu, 23 Januari 2022 | 14:53

 Wilayah Uighur Dibuka, Xinjiang Destinasi Wisata Olahraga Musim Dingin
Alhamdulillah..Kondisi Mahathir Mulai Stabil

Alhamdulillah..Kondisi Mahathir Mulai Stabil

InternasionalMinggu, 23 Januari 2022 | 13:16

I miss you Dad.. Kisah Erick Thohir yang Bikin Nangis

I miss you Dad.. Kisah Erick Thohir yang Bikin Nangis

IslamtainmentMinggu, 23 Januari 2022 | 12:00