Ruhut Sitompul : Siapa Kapolri Berikutnya ?

Nasional  SELASA, 24 NOVEMBER 2020 | 14:25 WIB

Ruhut Sitompul : Siapa Kapolri Berikutnya ?

Ruhut Sitompul / net

Moeslim Choice. Dalam unggahan lewat akun Twitter, Mantan Anggota Komisi III DPR RI Ruhut Sitompul melontarkan pertanyaan mengenai siapa Kapolri berikutnya?

Diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis tak lama lagi akan memasuki masa pensiun sebagai purnawirawan Korps Bhayangkara pada Januari 2021.

"Siapa Kapolri berikutnya?" tulis Ruhut pada Selasa (24/11).

Namun dalam unggahan tersebut, Ruhut tidak menyebut siapa sosok calon pengganti Jenderal Idham Azis. Ruhut yang juga politikus PDI Perjuangan hanya meminta publik untuk bersabar menunggu keputusan Presiden Jokowi.

"Mohon kita semua bersabar dan serahkan Kepada Bpk Joko Widodo Presiden RI. Mari Kita Hormati Hak Prerogatif Presiden. Jadi percayakan putusan yang Arif dan bijaksana dari Kepala Negara RI MERDEKA," pungkas Ruhut.

Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menilai peta bursa calon Kapolri akan berubah pascamutasi di internal Polri, Senin (16/11) lalu.

Mutasi itu telah membuat Irjen Nana Sudjana yang sebelumnya disebut-sebut sebagai salah satu calon Kapolri terpental dari jabatan Kapolda Metro Jaya. "Setelah mutasi, peta bursa akan terlihat berubah," ujar Neta melalui layanan pesan, Selasa (17/11).

Mantan wartawan itu menambahkan, saat ini peluang Nana menjadi calon Kapolri menipis. Kecuali bila Presiden Jokowi tiba-tiba mengatrol Nana ke jabatan untuk bintang tiga di Polri.

Dengan demikian, peluang Nana sebagai calon Kapolri pun menguat karena menyandang pangkat komisaris jenderal (komjen).

"Dengan pencopotan kemarin peluangnya menjadi tipis kecuali Desember nanti Presiden Jokowi mendorong Irjen Nana menjadi bintang tiga dengan jabatan kepala BNN (Badan Narkotika Nasional, red) atau Sestama Lemhanas (Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Masyarakat, red)," ujar Neta.

Di sisi lain ada Irjen Fadil Imran yang dalam mutasi itu dipercaya menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan Nana. Menurutnya, peluang Fadil untuk masuk bursa calon Kapolri pun terbuka lebar.

Penulis buku Jangan Bosan Kritik Polisi itu menegaskan, Fadil bisa menjadi perwira bintang tiga setelah menjabat Kapolda Metro Jaya. "Lalu masuk dalam bursa Kapolri," tegasnya.

Selain itu ada pula Irjen Ahmad Dofiri kini dipercaya menjadi Kapolda Jawa Barat (Jabar). Sebelumnya alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1990 itu merupakan Asisten Logistik (Aslog) Kapolri.

"Apalagi dengan masuknya Dofiri, peraih Adhi Makayasa Akpol 1990 menjadi Kapolda Jabar, sepertinya ia akan masuk radar bursa (calon Kapolri, red)," pungkas Neta. [irm]


Komentar Pembaca