Keberkahan Waktu Ashar, Ust Zaidul Akbar: Pentingnya Shalat Bagi Jantung

Kajian  SABTU, 21 NOVEMBER 2020 | 15:40 WIB

Keberkahan Waktu Ashar, Ust Zaidul Akbar: Pentingnya Shalat Bagi Jantung

foto/net

Ustadz Zaidul Akbar yang juga seorang dokter berbagi tips terkait keberkahan waktu Ashar.

Dilansir dari laman Instagram @zaidulakbar, Ustadz Zaidul menyatakan, bahwa waktu Ashar adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan tubuh pada semangatnya, dan meningkatkan kadar adrenalin dalam darah.

"Pada saat itu muncul kembali energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas seluruh organ tubuh terutama aktifitas jantung," tulis Ustadz Zaidul Akbar seperti dilansir dari Lamongan Today, Kamis (15/10).

Menurut Ustadz, saat tiba waktu Ashar tubuh akan kembali bersiap-siap menyambut produksi energi baru.

Pada waktu tersebut, akan sangat baik digunakan untuk berolahraga dan menggerakan tubuh, agar jantung dan metabolisme tubuh bisa kembali normal.

"Olahraga sore sudah dimulai dengan gerakan shalat Ashar ini," katanya. 

Menurut Ustadz Zaidul, Shalat Ashar memiliki peran penting dalam menyiapkan tubuh menghadapi peningkatan produksi kortisol yang mendadak.

Persiapan dan penyesuaian dibutuhkan oleh tubuh agar organ-organ terhindar dari shock  terlebih lagi jantung manusia sangat rentan terhadap perubahan fisiologi tiba tiba

Allah SWT berfirman: "Jaga dan dirikanlah shalat Wustha dan berdirilah kepada Allah dengan penuh ketundukan," QS Al-Baqarah 238," tulis Ustadz di akun pribadinya.

Lebih lanjut, Ustadz menyebutkan, para ahli tafsir menjelaskan bahwa shalat Wustha yang dimaksud di atas adalah Shalat Ashar.

"Berdasar temuan ilmiah yang kita bahas di depan bahwa terjadi peningkatan adrenalin di waktu tersebut. Menjadi jelaslah bagi kita mengapa Allah menekankan perintah Shalat Ashar. Dengan mendirikan Shalat Ashar, kinerja jantung akan meningkat secara bertahap," kata Ustadz Zaidul.

Lebih lanjut Ustadz menyatakan, bahwa jantung akan bekerja secara normal setelah mengalami keadaan jumud dan kurangnya waktu istirahat. Dengan demikian berbagai sistem tubuh lain dan seluruh perangkat indrawi akan  tenggelam dalam Shalat, sehingga jantung dapat mengatur dan mengendalikan seluruh metabolisme tubuh, agar bekerja sesuai jam biologis yang ditetapkan buat tubuh. [mt]


Komentar Pembaca