Imunisasi Anak Saat Pandemi Harus Sesuai Jadwal

Kesehatan  SENIN, 26 OKTOBER 2020 | 23:00 WIB | Giri Sasongko

Imunisasi Anak Saat Pandemi Harus Sesuai Jadwal

Foto ilustrasi/net

Moeslimchoice | Imunisasi terhadap anak harus diberikan sebagai bekal bagi mereka agar tidak rentan terhadap penyakit. Apalagi imunisasi yang diberikan ditengah pandemi Covid-19 saat ini, harus sesuai jadwal.

Melihat hal tersebut, Hadyan Rahmat, Komisioner Bidang Kesehatan dan Napza KPAD Kota Bekasi, mengatakan pada prinsipnya, imunisasi atau vaksin harus dilakukan sesuai dengan waktunya.

"Seperti imunisasi Hepatitis B0, BCG, Polio 0 dan DPT+Hib+Hepatitis B1, harus diberikan sesuai jadwal. Apalagi dengan keadaan seperti ini, tentunya dengan keteraturan pemberiannya diharapkan akan meningkatkan imunitas anak itu sendiri," tuturnya.

Terkait keadaan pandemi Covid-19 ini, tentu ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan oleh para orang tua untuk melakukan imunisasi atau vaksinasi, dimana komunikasi dengan dokter yang bersangkutan untuk konsultasi keadaan si anak secara langsung agar mendapatkan informasi yang sesuai.

"Saat tiba jadwalnya, jangan lupa janjian dulu, supaya sudah ada waktu pastinya sehingga ketika di rumah sakit nantinya tidak harus menunggu lama," imbaunya.

Setelah itu, untuk fasilitas kesehatan, tentu juga harus menyediakan ruang yang sudah disterilkan, protap bagaimana saat pasien datang juga harus dilakukan, seperti paling sederhana tentunya cuci tangan dan sebagainya.

"Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal untuk menjamin kesehatan dokter dan pasiennya," jelasnya.

Ia juga mengingatkan kalaupun pada akhirnya orang tua masih ragu, untuk beberapa jadwalnya bisa diundur selama 2 minggu.

"Tentu dengan konsultasi langsung dengan dokter yang bersangkutan karena tidak bisa disamakan keadaan tiap anak," ungkapnya.

Ia juga mengimbau agar setiap bisa menjaga kesehatan fisik dan konsumsi makanan serta minumannya yang menyehatkan, karena bagaimanapun imunisasi atau vaksinasi itu hanya sebagian dari usaha kita untuk menghindari penyakit.

"Tidak ada kepastian karena imunisasi akhirnya tubuh kita tidak bisa sakit, jadi orang tua juga baiknya aktif mengajak anaknya berjemur, aktif untuk mengajarkan konsumsi pola makan dan minum yang sehat," tukasnya.[fah]


Komentar Pembaca