Psikolog Minta Penderita Covid-19 Diberikan Dukungan, Ini Alasaannya

Kesehatan  MINGGU, 25 OKTOBER 2020 | 22:15 WIB | Giri Sasongko

 Psikolog Minta Penderita Covid-19 Diberikan Dukungan, Ini Alasaannya

Psikolog, Dian Kusumawati/gir.

Moeslimchoice | Terus meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di Indonesia, mendapatkan perhatian serius dari psikolog. Salah satunya datang dari psikolog Dian Kusumawati. 

Secara tegas ia mengatakan agar penderita Covid-19 perlu mendapatkan dukungan baik selama dalam masa karantina, masa perawatan dan juga ketika kembali ke masyarakat.

"Secara psikologis, dukungan dari keluarga dan juga lingkungan terdekat menjadi suatu tanda akan adanya rasa penerimaan atau menunjukan belongingness, bahwa keberadaan dirinya bermakna bagi lingkungan," ujar Dian.

Menurut dia, dukungan yang ditunjukkan secara verbal dan non verbal dapat menjadi suatu dorongan dan dapat bersifat sugesti sebagai penyemangat bahwa keluarga dan lingkungan menginginkan kesembuhan dan kebahagiaan bagi diri penderita.

"Yang sangat perlu dipahami adalah pandemi Covid-19 ini memang secara overt (secara terlihat) memisahkan kita  dengan diberlakukannya physical distancing. Namun, jika kita renungkan, maka secara maknawi (secara covert), pandemi ini justru mendorong kita untuk menghilangkan sifat egois dan memaksa kita meningkatkan "collective responsibility" (kesadaran dan rasa tanggung jawab bersama)," terangnya.

“Saat ini, kita bersama-sama dipertemukan pada "nasib" yang sama, menghadapai suatu masa "ketidakpastian" (uncertainity) yang sama. Kita dipersatukan dalam perjuangan yang sama,” tambahnya.

Kondisi ini sangat membutuhkan adanya kerjasama dan kolaborasi, dan meningkatkan rasa solidaritas serta rasa kemanusiaan. 

"Face this uncertainity with solidarity. Dengan bersama kita akan semakin menguatkan, baik untuk diri yang saat ini dalam kondisi sehat dan juga bagi yang sedang dalam kondisi menderita Covid-19," tandasnya.[fah]


Komentar Pembaca