Presiden Polandia Positif Terinfeksi Covid-19 Tanpa Gejala

Internasional  MINGGU, 25 OKTOBER 2020 | 16:00 WIB

Presiden Polandia Positif Terinfeksi Covid-19 Tanpa Gejala

foto/net

Presiden Polandia, Andrzej Duda menjadi pemimpin terbaru yang dinyatakan positif Covid-19, ketika negara itu mencoba menghindari pemberlakuan lockdown untuk mencegah penularan virus corona di tengah meningkatnya kerusuhan di negara itu.

Andrzej Duda (48) mengatakan pada Sabtu (24/10) dalam sebuah rekaman yang diunggah di akun Twitternya bahwa dirinya tidak mengalami gejala virus corona 'tetapi sayangnya, hasil tes menyatakan bahwa dia positif covid-19.'

Dalam sebuah pesan di media sosial, pemimpin itu berkata: "Saya ingin meminta maaf kepada semua orang yang terkena prosedur karantina, karena bertemu dengan saya dalam beberapa hari terakhir," tulisnya.

"Jika saya memiliki gejala virus corona, percayalah, semua pertemuan akan dibatalkan," tambahnya.

Diagnosis atau hasil tes Presiden datang di tengah lonjakan kasus meninggal terkait virus corona yang dikonfirmasi di Polandia, negara berpenduduk 38 juta yang melihat tingkat infeksi sangat rendah di musim semi.

Itu juga terjadi ketika ratusan demonstran turun ke jalan-jalan di Warsawa hari ini, Minggu (25/10) untuk memprotes pembatasan virus baru setelah Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki menyatakan seluruh negara sebagai 'zona merah'.

Pada Sabtu (24/10), kasus harian di Eropa melampaui 200.000 kasus dalam sehari untuk pertama kalinya, yang meningkat berlipat ganda hanya dalam waktu 10 hari, dengan banyak negara membuat rekor dan pemerintah terpecah antara memerangi virus dan menjaga ekonomi tetap hidup.

Polandia pada Sabtu (24/10) melaporkan sebanyak 13.628 kasus positif  baru yang dikonfirmasi dan mencatat 179 jumlah kasus meninggal karena Covid-19. Jumlah kasus harian tertinggi kedua di negara itu dari pandemi setelah jumlah rekor yang ditetapkan pada Jumat (23/10).

Pada Jumat (23/10), Mr Duda mengunjungi Stadion Nasional di Warsawa, yang diubah menjadi salah satu rumah sakit lapangan.

Dia juga menganugerahkan penghargaan negara kepada Iga Swiatek, petenis Polandia berusia 19 tahun yang memenangkan ajang Prancis Terbuka bulan ini, bersama ayah yang seklaligus juga sebagai pelatihnya, Tomasz Swiatek.

Mr Duda, Iga dan Tomasz Swiatek terlihat mengenakan masker dan sarung tangan, tetapi mereka berdiri sangat dekat dan berjabat tangan saat Presiden memasang pin kehormatan pada mereka. 

Iga Swiatek mengatakan, bahwa dia dan tim-nya tidak memiliki gejala tetapi akan dikarantina setelah mengetahui Presiden Duda positif terinfeksi. Iga mengatakan, mereka diuji secara teratur dan akan diuji lagi dalam tiga hari.

Presiden Polandia sekarang bergabung dengan beberapa pemimpin yang pernah terinfeksi covid-19, termasuk Presiden Amerika, Donald Trump dan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, yang telah tertular virus dan kini telah sembuh. [mt/Dailymail]
 


Komentar Pembaca