Agropolitan Menjadi Harapan Besar

Aji: Kecamatan Nawangan dan Bandar Pertanian harus Optimal

Daerah  MINGGU, 25 OKTOBER 2020 | 10:16 WIB | Sunarya Sultan

Aji: Kecamatan Nawangan dan Bandar Pertanian harus Optimal

Foto/ist

Moeslimchoice | Dalam kampanyenya ke Kecamatan Nawangan dan Kecamatan Bandar kemarin, Rabu (21/10/2020), calon Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji merasa kagum dengan pertanian di wilayah tersebut.

Walaupun wilayahnya berbukit-bukit, namun hamparan lahan pertanian dan aneka rupa jenis tanaman membuat dirinya terhipnotis. Apa lagi, di dua Kecamatan ini menjadi sentranya penghasil aneka macam rempah-rempah terbesar dan terkenal di Kabupaten Pacitan, Jawa timur.

Indrata Nur Bayuaji memuji kualitas sumber daya alam di wilayah Kecamatan Nawangan dan Kecamatan Bandar, khusus di sektor pertanian. Dia pun bertekad melanjutkan program Agropolitan pemerintahan sebelumnya.

Agropolitan adalah kota pertanian yang tumbuh dan berkembang, serta mampu memacu berkembangnya sistem usaha agribisnis, sehingga dapat melayani, mendorong, menarik, menghela kegiatan pembangunan pertanian.

Kawasan agropolitan terdiri dari kota pertanian dan desa-desa sentra produksi pertanian di wilayah sekitarnya, tanpa ditentukan oleh batasan administrasi pemerintahan, tapi lebih ditentukan dengan memperhatikan skala ekonomi yang ada. Artinya, kawasan agropolitan adalah kawasan agribisnis yang memiliki fasilitas perkotaan.

“Secara geografis kawasan Bandar dan Nawangan ini memang sangat memadahi untuk memaksimalkan hasil pertanian, perkebunan dan juga peternakan. Semoga saja pandemi covid-19 segera tuntas supaya percepatan pengembangan kawasan agropolitan di wilayah ini bisa diwujudkan,” kata Aji kepada kontributor moeslimchoice.com, Suluh Apriyanto di Pacitan, Jumat (23/10/2020).

Apa lagi, lanjut Aji, kostur tanah di wilayah dua kecamatan tersebut sangatlah subur, derap pertanian pun sudah seharusnya semakin maju, sayang wabah Covid-19 belum hilang.

"Ini jelas sangat menguntungkan masyarakat Nawangan dan Bandar. Semoga wabah ini cepatlah berakhir, karena wilayah ini benar-benar sangatlah berpotensi," imbuh Aji.

Aji pun menjelaskan bahwa dengan adanya agropolitan akan bisa merubah pola petani, dari yang sederhana menjadi luar biasa, di mana petani akan lebih matang dalam mengelola hasil.

"Manfaat yang diperoleh melalui pembangunan kawasan agropolitan adalah terciptanya wawasan agribisnis dan budaya industri (industrial culture) pada masyarakat, berkembangnya kegiatan off-farm yang berupa aktivitas-aktivitas pasca panen, pengolahan, pemasaran, dan jasa-jasa. Tumbuhnya industri-industri di pedesaan sehingga dapat menciptakan nuansa perkotaan di desa," jelasnya kepada moeslimchoice.

Lebih lanjut, Aji,yang sangat suka dengan dunia petualangan ini juga menerangkan bahwa bila agropolitan ini terbentuk maka akan banyak perkembangan investasi di pedesaan dan pastinya akan merubah alur keuangan yang semula dari Desa ke kota akan menjadi dari kota ke desa.

"Berkembangnya investasi di pedesaan sehingga aliran dana yang selama ini dari desa ke kota berubah menjadi dari kota ke desa; bertambahnya lapangan kerja, berkurangnya arus urbanisasi, dan meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas dan nilai tambah," pungkas Aji.

Calon nomor urut satu ini hanya bisa berdoa dan berharap agar virus corona di dunia, khususnya Pacitan cepatlah sirna agar bisa tercipta apa yang diinginkan rakyat dan pastinya untuk memajukan Pacitan yang lebih baik lagi. [ary]


Komentar Pembaca