MUI Minta Peringatan Maulid Nabi Dilakukan Secara Daring

Islamtainment  SABTU, 24 OKTOBER 2020 | 14:30 WIB | RMOL

MUI Minta Peringatan Maulid Nabi Dilakukan Secara Daring

Ilustrasi peringatan Maulid Nabi/net

MoeslimChoice | Peringatan Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 29/10/20 diminta agar dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau lewat jaringan online melalui teknologi.

Seperti yang dikatakan Sekretaris MUI Jabar Rafani Ahyar, hal itu dikarenakan mencegah penyebaran Covid-19 dari potensi yang berawal dari kerumunan. Menurutnya apapun kegiatan keagamaan itu harus menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi diatur saja sesuai dengan protokol di mesjid misalnya tablig akbar disederhanakan. Seperti salat Jumat saja, sudah diizinkan tapi tetap harus pakai protokol. Iya tidak (melarang) intinya begitu,” ujar Rafani.

“Ya gak pa-pa (tablig akbar) peringatan maulid juga, jangan itu-itu saja. Cari bentuk lain yang menarik yang bermakna memanfaatkan daring,” imbuhnya.

Selanjutnya Rafani meminta masyarakat tidak melaksanakan arak-arakan saat perayaan maulid nabi. Sebab menurutnya kegiatan tersebut mengundang massa banyak.

“Arak-arakan janganlah, diganti kumpul di masjid tapi dibatasi. Kan bisa lebih khusyuk konsentrasi mendengarkan tausiahnya,” terang Rafani. (wrn)


Komentar Pembaca