Amal Yahya Al-Moallimi Dubes Wanita Kedua Arab Saudi Setelah Putri Reema

Kabar Tanah Suci  JUMAT, 23 OKTOBER 2020 | 20:15 WIB

Amal Yahya Al-Moallimi Dubes Wanita Kedua Arab Saudi Setelah Putri Reema

foto/net

Amal Yahya Al-Moallimi, baru-baru ini ditunjuk sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk Norwegia. Dan ini menjadikannya sebagai Duta Besar Perempuan kedua dari Arab Saudi, setelah Putri Reema bint Bandar, yang menjadi Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat. 

Al-Moallimi mengambil sumpah jabatan dalam upacara online pada Selasa (20/10), bersama dengan beberapa orang lainnya di hadapan Raja Salman dan di hadapan Putra Mahkota, Mohammed bin Salman.

Al-Moallimi adalah Sarjana lulusan dari Princess Nourah bint Abdulrahman University, Riyadh, jurusan Bahasa Inggris.

Setelah lulus, Al-Moallimi belajar di luar negeri, dan mendapatkan gelar pascasarjana di bidang Komunikasi Massa dan Media dari Universitas Denver di AS, serta beasiswa dari Pusat Kajian Islam Oxford di Inggris.

Al-Moallimi memulai karirnya lebih dari 23 tahun yang lalu di bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Sosial.

Dia bekerja sebagai guru selama lima tahun dan sebagai mentor selama delapan tahun. Dia juga bekerja selama satu tahun di Departemen Pelatihan Pendidikan di Kementerian Pendidikan.

Dia pernah pula bekerja sebagai asisten Sekretaris Jenderal di King Abdul Aziz Center for National Dialogue.

Duta Besar juga pernah menjabat sebagai Manajer Umum Kerjasama Internasional dan organisasi di Saudi Human Rights Commission (HRC).

"Perjalanan Arab Saudi untuk memberdayakan wanita telah mengambil langkah yang lebih luas dan lebih cepat dan terus membuka pintu baru setiap hari," katanya kepada Arab News.  [mt]


Komentar Pembaca