DI Kirim Surat Minta Menkes Terawan Pilih Vaksin yang Baik

Kesehatan  KAMIS, 22 OKTOBER 2020 | 17:30 WIB | RMOL

DI Kirim Surat Minta Menkes Terawan Pilih Vaksin yang Baik

Mentri Kesehatan, Terawan Agus Putranto/net

MoeslimChoice | Vaksin Covid-19 akan dilakukan pada bulan November. Dengan itu Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto agar memilih vaksin dengan baik.

Laporan itu disampaikan IDI melalui surat yang ditandatangani dan diunggah Twitter resmi PB IDI, Kamis, 22/10/20. Dalam isi tersebut tercantum ditujukan kepada Ketua Satgas Penanganan COVID-19 hingga Kepala BPOM RI.

"Perlu diadakan persiapan yang baik dalam hal pemilihan jenis vaksin yang akan disediakan serta persiapan terkait pelaksanaannya. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden agar program vaksinasi ini jangan dilakukan dan dimulai dengan tergesa-gesa," isi surat tersebut.

IDI mengatakan ada syarat yang harus dipenuhi dalam pemilihan jenis vaksin yang baik. "Dari data yang ada, saat ini uji coba vaksinasi Sinovac di Brazil sudah selesai dilaksanakan pada 9.000 relawan. Namun hasilnya baru akan dikeluarkan segera setelah selesai dilakukan vaksinasi pada 15.000 relawan," ungkap IDI.

Dalam menentukan hal ini, IDI menyebut BPOM juga berpengaruh. Hal tersebut untuk memperhatikan keamanan, efektivitas, dan imunogenitas suatu vaksin, termasuk bila terpaksa menggunakan skema EUA.

Menurut IDI, dalam program vaksinasi, perlu juga memperhatikan rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Strategic Advisory Group of Experts on Immunization of The World Health Organization (SAGE WHO). IDI sekali lagi menekankan program vaksinasi memerlukan persiapan yang baik.

"Keamanan dan efektivitas adalah hal yang utama selain juga kita semua ingin agar program ini berjalan lancer. PB IDI berharap agar program vaksinasi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," paparnya. (wrn)



Komentar Pembaca