Respon Allah Lebih Cepat dari Amal Kita

Kajian  SABTU, 17 OKTOBER 2020 | 10:45 WIB

Respon Allah Lebih Cepat dari Amal Kita

Foto ilustrasi/net

ALLAH selalu dekat dengan para hamba-Nya yang berusaha mendekatkan dirinya kepada Allah. Bahkan diibaratkan, jika seorang hamba mendatangi Allah dengan cara berjalan, maka Allah akan mendatangi hamba tersebut dengan berlari, maksudnya bahwa Allah lebih dahulu merespon para hamba-Nya yang masih sebatas berniat ingin mendekatkan diri kepada Allah, dengan memberikan pahala niatnya itu dibanding upaya si hamba sendiri dalam melaksanakan niatnya tersebut. 

Gambarannya begini, kalau kita niat berbuat baik, sebelum kita melakukan kebaikan yang kita niatkan itu, Allah sudah memberikan pahala, karena Allah merespon lebih cepat dari apa yang kita lakukan. 

Misalnya saya berniat, saya punya uang satu juta misalnya, saya berniat nanti kalau saya keluar maka uang saya ini akan saya sedekahkan ke masjid, akan saya masukkan ke kotak amal. 

Saya masih belum berangkat dari rumah, dan uang masih ada di saku saya, tapi saya ada niat, kan belum saya kerjakan, itu Allah sudah memberikan pahala. 

Kalau kita sudah memasukkan uang tersebut ke kotak amal, maka pahalanya ditambah bahwa kita sudah mengamalkan suatu amalan yang lain yaitu memasukkan uang ke tempat sedekah itu, ditambah pahala niat tadi itu. 

Karena itu, dikatakan andaikata kita melangkah satu langkah maka Allah akan melangkah lebih jauh kepada kita, lebih mendekat kepada kita, gambarnya begitu. 

Luar biasa ini, bentuk kecintaan Allah kepada hamba-Nya yang benar-benar ingin mendekatkan diri kepada Allah.[rizal]

OLEH: KH. LUTHFI BASHORI


Komentar Pembaca
15 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

15 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

25 Sep, 2020 | 09:00

 Hubungan antara Agama dan Negara

Hubungan antara Agama dan Negara

23 Sep, 2020 | 07:00

Bangkit Menuntaskan Putus Asa

Bangkit Menuntaskan Putus Asa

15 Sep, 2020 | 07:50

Keluarga TikTok

Keluarga TikTok

26 Agu, 2020 | 06:30

Negative Pressure

Negative Pressure

25 Agu, 2020 | 06:04

Rudal Palsu

Rudal Palsu

24 Agu, 2020 | 08:29