Banyak Usulan Diabaikan, Buruh Merasa Dikhianati DPR

Polhukam  JUMAT, 16 OKTOBER 2020 | 17:30 WIB | RMOL

Banyak Usulan Diabaikan, Buruh Merasa Dikhianati DPR

Gerakan massa menolak UU Cipta Kerja/net

MoeslimChoice | Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan bahwa buruh merasa dikhianati oleh DPR. Sebab banyak usulan buruh yang tidak diakomodir dalam isi Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker).

“Padahal kami sudah menyerahkan draf sandingan usulan buruh, tetapi masukan yang kami sampaikan banyak yang tidak terakomodir,” ujar Said dalam keterangannya, Kamis, 15/10/20.

Soal pernyataan DPR RI yang mengatakan 80 persen merupakan usulan buruh dalam UU Cipatker adalah tidak benar. Malah Said menduga, serikat buruh hanya dijadikan sebagai stempel atau alat legitimasi pemerintah saja.

 “Buruh menolak omnibus law UU Cipta Kerja. Dengan demikian tidak mungkin buruh menerima peraturan turunannya. Apalagi terlibat membahasnya,” tegas Said.

Seperti diberitakan, DPR RI telah mengesahkan Omnibus Law UU Cipta Kerja pada Senin, 5/10/20. Pengesahan UU tersebut memantik demo besar-besaran di berbagai daerah di Indonesia, yakni menolak UU Ciptaker. Dalam aksi tersebut berujung kericuhan. Sampai saat ini aksi masih terus berlanjut, bahkan direncakan sampai besok. (wrn)


Komentar Pembaca