Wujudkan ATENSI Bagi Lanjut Usia, Balai "Budhi Dharma" Bekasi Kuatkan peran "Stakeholder" dan LKS LU

Sosial  SELASA, 06 OKTOBER 2020 | 13:15 WIB | Ida Iryani

Wujudkan ATENSI Bagi Lanjut Usia, Balai

foto/net

Kementerian Sosial RI melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) 'Budhi Dharma' Bekasi, memperkuat peranan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) dan sinergi 'stakeholder' dalam mewujudkan implementasi pelaksanana Asistensi Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (ATENSI LU).

Kepala Balai Lansia 'Budhi Dharma' Bekasi, beserta tim Balai  melaksanakan kunjungan ke Dinas Sosial dan LKS LU di Kota Solo dan Kabupaten Wonogiri, sebagai langkah awal koordinasi pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia dan sosialisasi pelaksanaan program ATENSI LU di wilayah Jawa Tengah, sebagai salah satu wilayah jangkauan balai rehabilitasi sosial bagi lanjut usia. 

Dalam kunjungannya tersebut, Kepala Balai Lansia 'Budhi Dharma' Bekasi, Pujiyanto menjelaskan, tentang pentingnya mengedepankan sinergitas antar lembaga dan peranan LKS LU sebagai lembaga berbasis komunitas, agar dapat berpartisipasi terhadap penanganan masalah lanjut usia di 16 wilayah jangkauan balai. 

Lebih lanjut, Puji menyampaikan bahwa Kementerian Sosial RI gencar mensosialisasikan platform baru kebijakan dan program Rehabilitasi Sosial yang dikenal dengan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). 

Dalam pelaksanaan ATENSI bagi lanjut Usia menggunakan tiga basis, yaitu Keluarga, Komunitas, dan residensial. Pelayanan rehabilitasi sosial bagi lanjut usia ke depannya, lebih banyak fokus dalam layanan basis keluarga dan komunitas dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) sebagai basis komunitasnya.

Usai melaksanakan kunjungan koordinasi dengan Dinas Sosial, Kepala Balai Lansia 'Budhi Dharma' Bekasi, beserta tim mengunjungi LKS LU di Kabupaten Wonogiri dan Kota Solo dan keluarga lanjut usia binaan LKS LU. 
PSTW Dharma Bhakti Wonogiri, LKS LU Bahtera Lansia Surakarta dan GPP Lanjut Usia Aisyiyah Kota Surakarta, merupakan penerima bantuan sosial Program Rehabilitasi Sosial  Lanjut Usia  LKS  LU Propinsi Jawa Tengah dari 173 LKS LU di 16 wilayah jangkauan balai.

Bantuan Sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia merupakan langkah Kementerian Sosial RI melalui Balai Lansia 'Budhi Dharma' Bekasi sebagai bentuk Negara HADIR dengan empat komponen yang meliputi Bantuan Bertujuan Lanjut Usia (Bantu LU), Dukungan Keluarga, Perawatan Sosial dan Terapi yang perlu di dampingi dan di monitoring. 
 
"Bansos yang telah disalurkan ke LKS lanjut usia bentuk Negara Hadir untuk lansia di Indoesia, harapannya, bansos tersampaikan tepat sasarannya dan bermanfaat bagi lansia di masa pendemi Covid- 19 yang sampai saat ini belum berakhir," tegas Puji.

Koordinasi dan pendampingan LPJ kepada LKS LU penerima bansos penting dilakukan oleh tim balai 'Budhi Dharma' Bekasi, agar peran LKS LU dalam melaksanakan pendampingan lanjut usia yang telah menerima bantuan sosial Program rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, dapat memanfaatkan bansos tepat sasaran, tepat waktu dan tertib administrasi dan pelaporannya.

Ketua PSTW Dharma Bakti Wonogiri, Siti Hatmiah merasa bahagia mendapatkan kunjungan langsung oleh Kepala Balai Lansia 'Budhi Dharma' Bekasi, beserta tim ke panti dan bisa bertemu dengan lansia binaannya. Demikian juga dengan LKS LU Bahtera Lansia Surakarta dan GPP Lanjut Usia Kota Surakarta, yang telah dikunjungi oleh tim BRSLU 'Budhi Dharma' Bekasi.

"Pertemuaan hari ini sangat senang sekali, karena mendapatkan pembinaan langsung dari BRSLU, apalagi yang rawuh (hadir) Bapak Kepala sendiri di panti kami, terimakasih atas kesempatannya mendapatkan Bansos melalui BRSLU dan dengan kunjungan ini, kami terbantu dalam penyusunan laporan dan administrasi Bansos," ujar Siti.

Kegiatan koordinasi dan pendampingan LPJ Bansos Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia ke Lembaga Kesejahteraan Sosial LU (LKS LU), juga sebagai sarana untuk mensosialisasikan Program ATENSI tahun 2021, dimana LKS LU sebagai mitra Balai Lansia 'Budhi Dharma' Bekasi berbasis komunitas.

Harapannya kedepan, LKS LU dapat mengembangkan layanan rehabilitasi sosial berbasis komunitas bagi lanjut usia dengan lebih baik sesuai arah dan kebijakan Direktorat Rehabilitasi Sosial dalam mengimplementasikan ATENSI. [mt]


Komentar Pembaca