Usai Mencela Turki, Menlu Suriah Menghardik AS Atas Blokade Ekonomi Terhadap Kuba dan Venezuela

Internasional  SENIN, 28 SEPTEMBER 2020 | 16:00 WIB | RMOL

Usai Mencela Turki, Menlu Suriah Menghardik AS Atas Blokade Ekonomi Terhadap Kuba dan Venezuela

Menteri Luar Negeri Suriah, Walid al-Muallem/Net

MoeslimChoice | Selain menyerang Turki dengan mengatakan bahwa negara itu adalah pelopor terorisme, Menteri Luar Negeri Suriah, Walid al-Muallem, juga mengutuk sikap Amerika Serikat terhadap Iran dan menyerukan diakhirinya tindakan permusuhan Washington terhadap Teheran.

Dalam pidato virtualnya di Sidang Umum PBB, al-Muallem menegaskan dukungannya terhadap Iran dan mengutuk AS yang mengabaikan hukum internasional.

"Suriah menegaskan kembali dukungan untuk sikap Republik Islam Iran terhadap kebijakan AS yang melanggar kesepakatan nuklir dan telah mengguncang kawasan. Sikap bermusuhan yang dikobarkan AS telah mengabaikan hukum internasional. Washington tidak menghormati kewajibannya berdasarkan perjanjian internasional," kata al-Muallem, seperti dikutip dari video dalam laman PBB. 

Menteri Luar Negeri Suriah juga mengutuk blokade ekonomi brutal terhadap Kuba dan Venezuela.

Ia dan menekankan perlunya menghormati hak kedaulatan kedua negara itu dan tidak mencampuri urusan dalam negeri mereka, seperti dikutip dari Iran Pers, Minggu, 27/9/20.

Pasukan Amerika dan Turki di tanah Suriah semakin memperumit situasi di sana, terlebih tindakan Israel terhadap Suriah terjadi dalam bayang-bayang keheningan komunitas internasional.

"Kami juga menyesali sikap Israel yang terus melanggar hak-hak rakyat Suriah di Dataran Tinggi Golan yang diduduki dan secara langsung mendukung teroris di tanah Suriah," katanya. (wrn)


Komentar Pembaca